Wednesday, 19 Muharram 1444 / 17 August 2022

Pengamat: Kinerja Erick di BUMN Kunci Elektabilitas Naik   

Rabu 06 Jul 2022 23:54 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Nashih Nashrullah

Menteri BUMN Erick Thohir. Peluang Erick terbuka di Pilpres 2024 dengan capaian prestasi di BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir. Peluang Erick terbuka di Pilpres 2024 dengan capaian prestasi di BUMN

Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Peluang Erick terbuka di Pilpres 2024 dengan capaian prestasi di BUMN

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri BUMN Erick Thohir menjadi satu-satunya tokoh muda yang elektabilitasnya terus melejit menjelang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024. Bahkan, popularitas Erick Thohir sudah menyamai Sandiaga Uno yang sudah terlebih dahulu terjun ke dunia politik.  

Dengan waktu tersisa dua tahun ditambah kinerja yang semakin bagus di Kementerian BUMN, popularitas dan elektabilitas Erick Thohir diyakini akan terus melejit hingga Pilpres 2024. Karena itu pula, peluang Erick Thohir untuk menjadi calon presiden (capres) atau calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024 semakin terbuka lebar. 

Baca Juga

Pandangan itu disampaikan dosen dan pengamat politik dari Universitas Brawijaya Malang, Andy Fefta belum lama ini.  

Dia mencontohkan, hasil survei Indikator Politik Indonesia pada 14-19 April 2022. Elektabilitas Erick Thohir, menurut hasil survei lembaga ini berada di angka 2,4 persen atau mengalami pertumbuhan secara signifikan dari survei pada Desember 2021. 

"Dalam survei politik yang dibuat berbagai lembaga survei, tokoh-tokoh muda potensial seperti Erick Thohir selalu mendapatkan tempat tersendiri di masyarakat. Para tokoh muda memiliki potensi besar untuk masuk bursa capres dan cawapres akan memberikan warna tersendiri di Pemilu 2024 mendatang," ucap Andy Fefta. 

Menurut Andy Fefta, menanjaknya elektabilitas Erick Thohir tidak terlepas dari kinerja apiknya selama menjadi Menteri BUMN.  

Dia melakukan sejumlah gebrakan yang membuatnya mendapat apresiasi dari rakyat. Andy Fefta pun yakin, elektabilitas Erick Thohir akan terus menanjak bila mempertahankan kinerja yang bagus ini di sektor BUMN. 

"Saya percaya Erick Thohir mampu masuk ke bursa capres-cawapres. Kalau tidak di RI 1, ya RI 2. Untuk dapat memikat parpol, elektabilitas Erick harus terus naik. Sebab parpol juga memiliki kepentingan untuk memenangkan pemilu. Untuk itu parpol membutuhkan tokoh-tokoh potensial yang memiliki elektabilitas tinggi seperti Erick," ungkap Andy.  

Namun Andy mengingatkan Erick Thohir untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerja bagus di Kementerian BUMN.  

"Erick Thohir harus bisa menunjukkan kinerja yang terbaik agar elektabilitas meningkat. Kinerja pembenahan di perusahaan BUMN yang berdampak luas kepada masyarakat, otomatis akan mendongkrak elektabilitas Erick Thohir," tutupnya.     

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA