Rabu 06 Jul 2022 23:12 WIB

Sandiaga Kunjungi Desa Terindah di Dunia Sebagai Kandidat ADWI 2022

Kemenparekraf ingin mengukur dampak pariwisata terhadap ekonomi masyarakat.

Rep: Febrian Fachri / Red: Ilham Tirta
Warga bersepeda di Nagari Tuo Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.
Foto: Iggoy el Fitra/ANTARA
Warga bersepeda di Nagari Tuo Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BATUSANGKAR -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno hari ini, Rabu (6/7), mengunjungi Nagari Tuo Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, yang selama ini sudah dikenal sebagai desa terindah di dunia. Sandi mengunjungi Nagari Tuo Pariangan dalam rangka penilaian 50 Desa Wisata terbaik, Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

"Desa Wisata Pariangan yang terletak di Nagari Pariangan ini tak hanya juara dengan keindahan alamnya, tapi udara di sana yang begitu sejuk karena berada di ketinggian 500-700 meter di permukaan laut," kata Sandi.

Baca Juga

Mantan wakil gubernur DKI itu juga datang ke Pariangan untuk mendukung Visit Beautiful West Sumatera Barat 2023. Salah satu event yang akan dilakukan adalah menggelar acara Muktamar Ulama Sedunia. Kemudian, Sumbar juga akan menjadi tuan rumah dalam rangkaian World Economic Forum 2023 dengan tema Pariwisata Halal.

"Kami juga mengharapkan Nagari Pariangan masuk ke dalam  World's 16 Most Picturesque Villages," ujar Sandi.

Kemenparekraf juga ingin mengukur apakah pariwisata selama ini telah berdampak terhadap ekonomi masyarakat yang semakin meningkat. Sebab, tujuan utama meningkatkan pariwisata adalah mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement