Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

Pemkab Mukomuko Rencana Kembangkan Tanaman Sorgum

Kamis 07 Jul 2022 02:45 WIB

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi

Tanaman sorgum. Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Pertanian setempat berencana mengembangkan komoditas sorgum yang merupakan tanaman serba guna dan bisa dipergunakan sebagai sumber pangan.

Tanaman sorgum. Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Pertanian setempat berencana mengembangkan komoditas sorgum yang merupakan tanaman serba guna dan bisa dipergunakan sebagai sumber pangan.

Foto: Kementan
Sorgum yang merupakan tanaman serba guna dan bisa sebagai sumber pangan.

REPUBLIKA.CO.ID, MUKOMUKO -- Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Pertanian setempat berencana mengembangkan komoditas sorgum yang merupakan tanaman serba guna dan bisa dipergunakan sebagai sumber pangan.

"Kita mau coba untuk menerapkan dan mengembangkan tanaman sorgum di daerah ini," kata Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Elxandi Utria.

Baca Juga

Ia mengatakan, komitmen tersebut setelah berkoordinasi dengan pihak Kementerian Pertanian yang terkait dengan pengembangan tanaman sorgum di daerah ini. Sekarang ini, kata Elxandi, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) di daerah ini sedang menjajaki kelompok tani yang berminat menanam tanaman sorgum di lahan pertanian.

PPL Dinas Pertanian akan mendata jumlah kelompok tani yang berminat untuk menanam tanaman sorgum, termasuk luas lahan pertanian yang disediakan untuk tanaman ini. "Pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian siap menyediakan bibit sorgum yang dibutuhkan oleh kelompok tani yang berminat menanam tanaman ini," ujarnya pula.

Untuk sementara ini, lanjut dia, pihak Kementerian Pertanian tidak membatasi luas lahan pertanian yang disiapkan untuk ditanami tanaman sorgum di daerah ini. Selain berencana mengembangkan tanaman sorgum, rencana pendirian pabrik sorgum di Mukomuko juga sedang dimatangkan, untuk memfasilitasi petani sorgum saat panen agar bisa dipasarkan.

Ia menyakini daerah yang berada sejauh 270 kilometer sebelah utara Kota Bengkulu ini sangat potensial untuk mengembangkan tanaman sorgum. Sebab faktor cuaca panas dan tanaman ini mudah tumbuh dalam kondisi cuaca seperti di daerah ini.

"Karakter wilayah ini sangat cocok untuk tanaman sorgum, termasuk kondisi cuacanya sangat mendukung untuk pengembangan tanaman ini," ujarnya.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA