Rabu 06 Jul 2022 20:25 WIB

DKI Percepat Pembangunan Empat Waduk Guna Atasi Banjir

Bulan Agustus direncankan launching pembangunan waduk atau embung.

Anak bermain di area proyek pembangunan Waduk Brigif, Jagakarsa, Jakarta (ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Anak bermain di area proyek pembangunan Waduk Brigif, Jagakarsa, Jakarta (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mempercepat pembangunan empat waduk, yakni Waduk Brigif, Lebak Bulus, Pondok Ranggon, dan Wirajas, guna mengatasi banjir. "Kita ada rencana pada bulan Agustus launching pembangunan waduk atau embung, tepatnya pada 17 Agustus," ungkap Kepala Seksi Pengendalian Banjir dan Drainase Dinas SDA DKI Jakarta, Maman Supratman di Jakarta, Rabu (6/7/2022).

Dia mengatakan sejumlah daerah yang sering banjir, diharapkan dengan adanya waduk ini bisa teratasi dengan baik dan mencegah banjir yang hampir melanda setiap tahunnya. Jika mengikuti perjanjian kontrak, pembangunan empat waduk ini akan rampung pada Oktober mendatang. Namun, Pemprov DKI Jakarta akan berusaha semaksimal mungkin untuk mempercepat pembangunan ini.

Baca Juga

Dia menyontohkan Waduk Brigif yang memiliki luas 10 hektare, akan dapat menampung sekitar 377 ribu kubikasi. Dan setidaknya bisa mereduksi banjir hingga 20 persen untuk wilayah tersebut.

"Kita sedang kejar target pembangunannya itu bertujuan untuk mengurangi debit dari air Kali Krukut, Sunter dan kita harapkan dapat maksimal dalam waktu menghadapi musim hujan," tutur Maman.

Dalam hal ini, empat waduk tersebut juga bisa dimanfaatkan oleh warga untuk berolahraga dan juga sebagai ruang publik juga. Jadi, tidak hanya waduk semata, nantinya ini akan multifungsi.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement