Rabu 06 Jul 2022 19:33 WIB

Cianjur Job Fair 2022 Diserbu Ribuan Pencari Kerja

Ribuan pencari kerja memadati 41 stan perusahaan yang membuka lowongan.

Pencari kerja menyiapkan berkas lamaran pada acara job fair (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Pencari kerja menyiapkan berkas lamaran pada acara job fair (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Job Fair Cianjur 2022 yang digelar di lapangan Prawatasi Cianjur, Jawa Barat, diserbu ribuan pencari kerja yang hendak memasukkan lamaran langsung ke sejumlah perusahaan yang ikut sebagai peserta. Sejak pagi hingga Rabu (6/7/2022) petang, ribuan pencari kerja memadati 41 stan perusahaan yang membuka lowongan. Termasuk lapangan kerja ke luar negeri, menjadi incaran yang banyak didatangi pencari kerja.

Antrean panjang hingga berjam-jam menghiasi setiap stan perusahaan yang menyediakan lapangan kerja untuk 100 sampai 1.000 orang pekerja. Hal tersebut tidak menyurutkan minat pencari kerja untuk mengantre meski panas terik matahari hingga petang menyengat kulit.

Baca Juga

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Cianjur Endan Hamdani, mengatakan hari pertama job fair diperkirakan dipadati 3.000 lebih pencari kerja. Diperkirakan esok hari jumlahnya akan terus bertambah karena job fair digelar selama dua hari.

"Sampai petang diperkirakan lebih dari 3.000 orang pencari kerja yang datang ke Lapangan Prawatasi untuk melamar pekerjaan. Setelah dua tahun, kami dapat menggelar kembali job fair ini, selama pandemi tidak bisa digelar karena pembatasan sosial," katanya.

Pihaknya mencatat dari 41 perusahaan yang ikut dalam kegiatan itu, enam di antaranya perusahaan penyalur tenaga kerja ke luar negeri untuk negara di Asia seperti China, Korea dan sejumlah negara yang tidak masuk moratorium. Sehingga cukup menarik minat pencari kerja yang datang.

"Kita menargetkan selama job fair ini, 3.000 orang pencari kerja dapat diterima di sejumlah perusahaan yang membutuhkan. Harapan kami job fair dapat mengurangi angka pengangguran di Cianjur setiap tahun," kata Edan.

Sementara sejumlah pencari kerja berharap dapat diterima di perusahaan yang dituju meski mereka baru pertama kali mengajukan lamaran setelah beberapa bulan dinyatakan lulus dari sekolah. Sebagian kecil berharap mendapatkan pekerjaan di perusahaan luar negeri bidang struktural. 

"Awalnya ingin melamar ke perusahaan yang banyak diincar di Cianjur. Tapi pas liat ada perusahaan jasa kerja ke luar negeri, saya dan teman-teman cukup tertarik untuk mencoba masukan lamaran," kata pelamar asal Kecamatan Cianjur, Siti Rahmah (18).

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement