Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

Ketukannya 100 Per Menit, Lagu-Lagu Ini Cocok untuk Latihan CPR

Rabu 06 Jul 2022 19:13 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda

Latihan resusitasi jantung paru (CPR). Ada sejumlah lagu yang cocok untuk latihan CPR, termasuk Stayin Alive milik Bee Gees.

Latihan resusitasi jantung paru (CPR). Ada sejumlah lagu yang cocok untuk latihan CPR, termasuk Stayin Alive milik Bee Gees.

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Lagu-lagu berikut ini ketukannya 100 per menit, cocok untuk latihan CPR.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dasar-dasar resusitasi jantung paru (CPR) penting untuk dipelajari. Ini adalah tindakan pertolongan pertama bantuan hidup dasar pada orang yang mengalami henti napas karena sebab-sebab tertentu.

CPR bertujuan untuk membuka kembali jalan napas yang menyempit atau tertutup sama sekali dengan melakukan beberapa teknik pemijatan atau penekanan pada dada. Hal ini dapat menyelamatkan nyawa seseorang yang Anda kenal.

Baca Juga

Menurut American Heart Association, lebih dari 350 ribu orang di Amerika Serikat menderita serangan jantung di luar rumah sakit setiap tahun. Tingkat kelangsungan hidup sebenarnya berlipat ganda atau bahkan tiga kali lipat jika seorang di sekitar korban memberikan CPR.

Studi 2015 menemukan peluang bertahan hidup dan meminimalkan kerusakan otak secara langsung terkait dengan seberapa cepat CPR diberikan setelah seseorang pingsan. Dengan kata lain, bertindak cepat dan berpengetahuan adalah kuncinya.

Langkah pertama untuk memberikan CPR yang harus dilakukan oleh semua pengamat jika mereka melihat seseorang dalam serangan jantung adalah menelepon fasilitas kesehatan. Setelah itu, periksa apakah mereka responsif dan bernapas.

Setelah itu, letakkan ujung telapak tangan Anda di tengah dada korban lalu posisikan tangan satunya lagi di atasnya kemudian tekan dengan keras dan cepat dengan kecepatan 100 hingga 120 kompresi per menit. Ada sejumlah lagu yang cocok untuk latihan CPR. Salah satunya lagu yang paling ideal ialah "Stayin' Alive" milik Bee Gee's.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA