Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Menlu Rusia Minta Dunia Lindungi Hukum Internasional

Rabu 06 Jul 2022 15:50 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov. Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov meminta semua pihak di dunia untuk melakukan upaya dalam melindungi hukum internasional.

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov. Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov meminta semua pihak di dunia untuk melakukan upaya dalam melindungi hukum internasional.

Foto: Russian Foreign Ministry Press Service via AP
Rusia dituduh oleh negara Barat melanggar hukum internasional melalui invasi Ukraina.

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI -- Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov meminta semua pihak di dunia untuk melakukan upaya dalam melindungi hukum internasional. Menurutnya, kini dunia berkembang dengan cara yang rumit.

Lavrov berbicara melalui penerjemah pada pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Vietnam Bui Thanh Son di Hanoi pada Rabu (6/7/2022). Komentarnya muncul saat Rusia dituduh oleh negara-negara Barat melanggar hukum internasional melalui invasinya ke Ukraina. Para pemimpin Uni Eropa telah mendesak Rusia untuk mematuhi perintah pengadilan internasional yang meminta Rusia untuk mundur dari Ukraina.

Baca Juga

Kunjungan dua hari Lavrov ke Hanoi dilakukan saat kedua negara menandai peringatan 10 tahun kemitraan strategis komprehensif kedua negara. Kedua negara memiliki hubungan dekat sejak era Uni Soviet dan Vietnam sejauh ini tidak mengutuk perang Rusia di Ukraina, yang disebut sebagai operasi khusus.

Selain itu, Rusia adalah pemasok senjata terbesar Vietnam. Sedangkan perusahaan-perusahaan Moskow dan Hanoi terlibat dalam beberapa proyek energi besar di negara itu. Bahkan perdagangan antara Vietnam dan Rusia naik 25 persen tahun lalu menjadi 7,1 miliar dolar AS.

"Vietnam adalah mitra utama (Rusia) di ASEAN dan hubungan kedua negara didasarkan pada sejarah dan perjuangan bersama mereka untuk keadilan," kata Lavrov pada pertemuan itu merujuk pada Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Menteri Luar Negeri Rusia otu dijadwalkan terbang ke Indonesia untuk menghadiri pertemuan para menteri luar negeri G20 pekan ini.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA