Wednesday, 19 Muharram 1444 / 17 August 2022

5 Makanan yang Baik untuk Ginjal

Rabu 06 Jul 2022 20:48 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih

Paprika warna wani memiliki kadar potasium yang rendah sehingga baik untuk kesehatan ginjal.

Paprika warna wani memiliki kadar potasium yang rendah sehingga baik untuk kesehatan ginjal.

Foto: pixabay
Ginjal memainkan peran penting dalam menghilangkan kelebihan air dari aliran darah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--  Tahukah Anda bahwa makanan yang Anda makan memiliki kemampuan untuk menyembuhkan beberapa penyakit?  Para ahli di seluruh dunia mengklaim bahwa diet sehat yang digabungkan dengan gaya hidup sehat tidak hanya dapat mengobati beberapa penyakit dan gangguan, tetapi juga dapat mencegah beberapa penyakit. Salah satunya ginjal.

Ginjal bertugas untuk memastikan pembuangan limbah dan racun tubuh dengan tepat. Dilansir dari timesofindia pada Rabu (6/7/2022), ginjal memainkan peran penting dalam menghilangkan kelebihan air dari aliran darah, yang dilakukan dalam bentuk urin.  

Baca Juga

Diet memainkan peran penting dalam berfungsinya ginjal. Asupan berlebihan makanan kaya kalium, natrium dan fosfor dapat membuat dan memperburuk penyakit ginjal.  

Berikut lima makanan yang baik untuk ginjal yaitu: 

1. Nanas

Sebagian besar buah memiliki konsentrasi fruktosa dan potasium yang tinggi tetapi buah tropis manis dan jeruk ini benar-benar merupakan kebahagiaan bagi pasien ginjal. Nanas memiliki kadar kalium yang rendah dan menjadikannya pilihan yang aman untuk dikonsumsi ketika menderita penyakit ginjal. Menambahkan porsi kecil ke dalam makanan dapat membantu meningkatkan kekebalan, mengurangi peradangan, meningkatkan metabolismemdan membantu regenerasi sel. 

Nanas memiliki enzim alami yang dikenal sebagai bromelain, membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan dalam tubuh.  Selain itu, nanas adalah sumber serat dan vitamin C yang baik yang sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

2. Paprika

Paprika berwarna-warni ini memiliki potasium yang rendah dibandingkan dengan sayuran lain, yang membuatnya menjadi makanan yang baik untuk pasien ginjal.  Selain itu, paprika adalah sumber vitamin C yang bagus, yang membantu membalikkan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.  Paprika berwarna-warni juga kaya akan vitamin A, yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Stroberi

Stroberi manis dan tajam ini dikemas dengan kebaikan antioksidan, vitamin C, mangan dan serat yang tidak hanya membantu meningkatkan kekebalan secara keseluruhan, tetapi juga bagus untuk pasien ginjal. Stroberi memiliki kadar potasium yang rendah, yang membantu mencegah penyakit ginjal secara alami dengan rasanya yang enak. Antioksidan dalam stroberi membantu regenerasi sel yang disebabkan karena radikal bebas.

4. Jamur Shitake

Jamur eksotis ini berfungsi sebagai makanan super untuk ginjal karena mengandung mineral vitamin B, tembaga, mangan dan selenium.  Selain itu, jamur kaya serat dan protein ini menjadi alternatif yang sehat bagi pasien ginjal dan orang yang mengikuti diet untuk meningkatkan kesehatan ginjal.  Rendah potasium, varietas jamur ini membantu mencegah penyakit ginjal.

5. Kubis

Kubis mengandung serat pangan, vitamin K, vitamin C dan vitamin B.  Selain itu, kubis rendah potasium, fosfor dan natrium yang menjadikannya makanan yang baik untuk pasien ginjal.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA