Jumat 08 Jul 2022 13:16 WIB

Waspada Website Tiruan

Masyarakat perlu memahami keamanan digital. Sekarang ini penipuan di dunia digital semakin beragam. Salah satunya adalah pemalsuan website.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
computer keyboard in front of the displayed cyber code in this illustration picture taken on March 1, 2017. (Reuters/Kacper Pempel)
computer keyboard in front of the displayed cyber code in this illustration picture taken on March 1, 2017. (Reuters/Kacper Pempel)

Masyarakat perlu memahami keamanan digital sehingga bisa nyaman bermedia digital. Sekarang ini penipuan di dunia digital semakin beragam. Salah satunya adalah pemalsuan website.

"Teliti melihat laman website. Biasanya kalau belakangnya sudah aneh-aneh, itu link bermasalah dan jangan dibuka," kata Head of Creative Visual Brand Hello Monday Morning - UMKM Investor, Andry Hamida saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompo di wilayah Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Jumat (1/7/2022), dalam keterangan tertulis yang diterima.

Baca Juga: Awasi Anak Saat Berseluncur di Dunia Digital

Penipu, lanjut dia, mengirimkan link phising kepada korban untuk mencuri data pribadi. Biasanya link dikirimkan bersama dengan pesan menang undian sehingga korban mudah percaya dan bergegas menekan link. Setelah link ditekan, korban langsung laman yang tampilannya menyerupai website asli.

Korban pun diminta memasukkan akun yang dimilikinya sehingga pelaku otomatis mendapatkan data pribadi miliknya.

Baca Juga: Etika Digital, Tetap Jaga Sopan dan Santun di Media Sosial

"Sempat ada klien kami mengatakan kalau instagram kami bermasalah dah harus login, masukan id dan password untuk melindungi. Url-nya Instagram, tapi belakangnya tidak sama dengan website resmi. Setahu saya, instagram juga tidak pernah meminta password atau kode-kode kepada pengguna, kalaupun memintanya pasti melalui email," ujar Andry.

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial. Dapat dikatakan pengguna internet mencapai 61.8% dari total populasi Indonesia.

Menurut Survei Literasi Digital di Indonesia pada tahun 2021, Indeks atau skor Literasi Digital di Indonesia berada pada angka 3,49 dari skala 1-5. Skor tersebut menunjukkan bahwa tingkat literasi digital di Indonesia masih berada dalam kategori Sedang.

Sebagai respons untuk menanggapi perkembangan TIK ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital.

Baca Juga: Bijak Bermedsos, A Rizki Sadig Ingatkan Pentingnya Literasi Digital

Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi.

Baca Juga: Etika Dunia Digital, Salah Menegur di Internet Bisa Antarkan Diri Menuju Jeruji Besi!

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli di bidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara lain Head of Creative Visual Brand Hello Monday Morning - UMKM Investor, Andry Hamida. Kemudian Relawan TIK Bojonegoro, Sholikhin, S.Kom, serta Fasilitator Sekertariat Nasional GUSDURian Bakhru Thohir.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Literasi Digital hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement