Wednesday, 19 Muharram 1444 / 17 August 2022

ID Survey Bantu Masyarakat Pulau Papagarang Labuan Bajo

Rabu 06 Jul 2022 05:05 WIB

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi

ID Survey. Holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey menjalankan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN dengan menyalurkan bantuan pengadaan air bersih, penyambungan listrik baru, dan buku bacaan siswa untuk masyarakat Pulau Papagarang, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

ID Survey. Holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey menjalankan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN dengan menyalurkan bantuan pengadaan air bersih, penyambungan listrik baru, dan buku bacaan siswa untuk masyarakat Pulau Papagarang, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Foto: sucofindo.co.id
ID Survey membantu pengadaan air bersih, listrik, dan buku bacaan siswa.

REPUBLIKA.CO.ID, LABUAN BAJO -- Holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey menjalankan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN dengan menyalurkan bantuan pengadaan air bersih, penyambungan listrik baru, dan buku bacaan siswa untuk masyarakat Pulau Papagarang, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Pemberian sarana prasarana ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kualitas pelayanan mereka. Ada fungsi edukasi di sini," kata Direktur Utama PT Biro Klasifikasi Indonesia Rudiyanto di Labuan Bajo, Selasa (5/7/2022).

Baca Juga

Holding BUMN Jasa Survei yang terdiri dari PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), PT Sucofindo, dan PT Surveyor Indonesia ini berkontribusi dalam percepatan pembangunan pulau terluar, terdepan, tertinggal (3T) serta mendukung pemerintah dalam percepatan destinasi wisata super prioritas di Labuan Bajo.

Program unggulan kolaborasi BUMN Jasa Survei ini berupa bantuan penyambungan listrik gratis bagi masyarakat kurang mampu, bantuan dana untuk guru honorer, dan pembangunan sarana air bersih yang diberikan kepada masyarakat Desa Papagarang. Program itu tentunya mendukung ketersediaan infrastruktur berupa listrik dan air bersih.

Dengan begitu, sehingga masyarakat Desa Papagarang dapat mengakses ketersediaan energi listrik serta air bersih. Infrastruktur dasar ini diharapkan berdampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.

"Arahan Menteri BUMN adalah daerah penyangga punya koridor yang mengundang wisatawan dan edukasi masyarakat untuk upaya melayani. Harapannya berdampak ke masyarakat dan wisatawan," kata dia melanjutkan.

Keluarga penerima manfaat di Desa Papagarang Sumarlin (33) menyatakan rasa syukur dan terima kasih atas bantuan yang telah mereka terima. Dia menyebut warga Desa Papagarang terbantu dengan bantuan sarana air bersih yang diberikan oleh BUMN.

Sebelumnya, masyarakat masih menggunakan sampan untuk mengambil air dari kapal lalu diangkut ke rumah warga. "Dengan adanya bantuan ini, warga bisa nyalakan keran air di rumah, sebagian lagi mengambil di titik tertentu yang ditentukan karena masih kekurangan selang," ungkapnya.

Dia pun berjanji akan memanfaatkan fasilitas bantuan yang diberikan guna keberlanjutan program tersebut.Bantuan kolaborasi ID Survey ini selanjutnya dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) agar keberlangsungan bantuan fasilitas dapat terjaga dan merata manfaatnya kepada seluruh warga.

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA