Saturday, 15 Muharram 1444 / 13 August 2022

Trofi FIBA Asia Cup akan Dipajang di Sejumlah Tempat Ikonik di Jakarta, Catat Tanggalnya 

Selasa 05 Jul 2022 20:14 WIB

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Pebasket Timnas Indonesia Brandon Jawato melakukan drive melewati adangan pemain Yordania dalam pertandingan window ketiga Kualifikasi FIBA World Cup 2023 Grup C Zona Asia di Istora Senayan, Jakarta, Senin (4/7/2022). Pada pertandingan itu Indonesia kalah dengan skor 52-77.

Pebasket Timnas Indonesia Brandon Jawato melakukan drive melewati adangan pemain Yordania dalam pertandingan window ketiga Kualifikasi FIBA World Cup 2023 Grup C Zona Asia di Istora Senayan, Jakarta, Senin (4/7/2022). Pada pertandingan itu Indonesia kalah dengan skor 52-77.

Foto: Republika/Edwin Putranto
Parade tersebut juga akan dimeriahkan dengan penampilan dari musisi nasional.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- FIBA Asia Cup 2022 tak hanya milik para negara peserta yang bakal unjuk gigi di Istora Senayan, Jakarta pada 12 sampai 24 Juli, penggemar basket Indonesia juga bisa menjadi bagian dari sejarah ini. Untuk pertama kali, Indonesia kembali menjadi tuan rumah kejuaraan Asia setelah terakhir melakukannya pada 1993. Selain itu, Indonesia berpeluang lolos ke FIBA World Cup 2023 melalui ajang FIBA Asia Cup 2022 ini.

Selain bisa menyaksikan langsung aksi para pemain tim nasional basket Indonesia di Istora Senayan, Jakarta, masyarakat di Tanah Air juga berkesempatan melihat langsung trofi FIBA Asia Cup 2022.

Baca Juga

Ini adalah kali pertama trofi FIBA Asia Cup melakukan tur ke beberapa negara. Program FIBA Asia Cup Trophy Tour ini dibuat agar para penggemar bisa melihat dan mendapatkan pengalaman berbeda, yang mungkin hanya bisa didapatkan sekali seumur hidup.

Trofi FIBA Asia Cup memiliki tinggi 55 cm dan hampir seluruhnya terbuat dari perak, menampilkan pita berlapis perak yang diukir dengan nama piala. Di trofi ini juga terdapat ikat berlapis emas bertuliskan 'Federation Internationale de Basketball Amateur', tulisan yang ada di semua trofi kejuaran kontinental FIBA. Trofi FIBA Asia Cup dirancang oleh Radiant dan dibuat oleh Silversmith Thomas Lyte.

Trofi ini telah berkeliling ke berbagai negara mulai dari Lebanon, Suriah, Bahrain, India, Yordania, Jepang, Filipina, hingga akhirnya tiba di Indonesia. Indonesia mendapatkan kehormatan, program FIBA Asia Cup Trophy Tour ini pertama kali digelar pada saat Indonesia menjadi tuan rumah.

"Pertama-tama saya sampaikan terima kasih kepada Kemenparekraf, Pemprov DKI, Perbasi, dan para sponsor yang mendukung kegiatan ini. Ini pertama. FIBA Asia Cup ini merupakan momentum basket Indonesia bangkit. Kegiatan trophy tour yang merupakan bagian dari rangkaian menuju FIBA Asia Cup merupakan salah satu cara kita meningkatkan awareness kepada masyarakat agar bola basket makin digemari dan menjadi olahraga nomor satu di Indonesia," kata Ketua Panitia Pelaksana FIBA Asia Cup 2022 Junas Miradiarsyah dalam konferensi pers di Pos Bloc, Jakarta, Selasa (5/7/2022).

Junas mengatakan, publik bisa berfoto bersama trofi FIBA Asia Cup. Masyarakat diajak untuk menyebarkan euforia FIBA Asia Cup di media sosial dengan mengunggah foto bersama trofi tersebut dengan tagar #BasketIndonesiaBangkit.

Trophy showcase FIBA Asia Cup dimulai di Pos Bloc, Jakarta pada 5 Juli 2022. Di sana masyarakat bisa melihat secara langsung bagaimana bentuk dari piala yang diperebutkan setiap empat tahun sekali tersebut, sekaligus berfoto di dekatnya.

Selanjutnya trophy showcase akan berlanjut di Bundaran HI, Jakarta pada 6 Juli 2022. Pada 7 Juli, berlanjut di Stasiun MRT Istora Mandiri dan Gelora Bung Karno. Trofi akan menuju ke Mall Sarinah, Jakarta pada 8 Juli 2022. 

Selain pemajangan trofi, ada talkshow mengenai kebangkitan basket Indonesia bersama mantan pemain tim nasional, Christian Ronaldo Sitepu dan dua selebritas Tanah Air, Asri Welas dan Rayi Putra.

Trophy showcase FIBA Asia Cup 2022 di Indonesia akan ditutup dengan acara spesial. Di sini masyarakat Indonesia bisa ikut merasakan euforia FIBA Asia Cup 2022 dengan melakukan parade dribel bersama pada 9 Juli 2022, pagi hari di halaman Istora Senayan.

Tema kegiatan ini Ramaikan Istora. Kita akan ajak komunitas dan masyarakat sekitar untuk meramaikan kegiatan tersebut. Tujuannya agar pada tanggal 12, 14, dan 16 Juli nanti pukul 17.30 masyarakat kita memenuhi Istora Senayan untuk mendukung timnas basket kita bertanding,ujar Junas.

Dalam acara tersebut akan ada pawai dribel bersama 2022 peserta. Parade tersebut juga akan dimeriahkan dengan penampilan dari musisi nasional.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA