Selasa 05 Jul 2022 16:50 WIB

KKN Kebangsaan Pupuk Nasionalisme dan Kebangsaan

Ada sejumlah hal yang membedakan KKN Kebangsaan dengan KKN yang lainnya.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Andi Nur Aminah
Konser Workshop materi Falsafah KKN dan Psikologi Komunikasi di depan100 Dosen Pendamping Lapangan KKN Kebangsaan di Universitas Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Senin (4/7/2022)
Foto: Istimewa
Konser Workshop materi Falsafah KKN dan Psikologi Komunikasi di depan100 Dosen Pendamping Lapangan KKN Kebangsaan di Universitas Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Senin (4/7/2022)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan kini sudah memasuki angkatan ke-10. Ketua Tim Pengembang KKN Kebangsaan, Hasrullah, mengatakan, KKN tersebut diharapkan bisa memupuk nasionalisme dan kebangsaan para peserta yang mengikutinya. Ada sejumlah hal yang membedakan KKN Kebangsaan dengan KKN yang lainnya.

"Ini adalah KKN yang diharapkan bisa memupuk nasionalisme dan kebangsaan. Goal-nya itu adalah nasionalisme dan kebangsaan. Jadi disebut KKN Kebangsaan," ujar Hasrullah kepada Republika.co.id, Selasa (5/7/2022).

Baca Juga

Dia menjelaskan, selama dua tahun pertama menjadi Ketua KKN di Universitas Hasanuddin, dia berkeliling Indonesia. Selama puluhan tahun, kata dia, belum ada KKN yang bisa menyatukan anak bangsa dari Sabang sampai Merakui dan dari Miangas hingga Pulau Rote. Karena itu dia menginisiasi KKN Kebangsaan tersebut.

"Belum ada universitas yang bisa menyatukan. Yang ada itu KKN tematik, sektoral, kemudian KKN-nya sifatnya reguler. Yang itu-itu saja," ungkap Hasrullah.

Dia menerangkan, ada dua materi yang diberikan dalam KKN Kebangsaan. Pertama, materi pembekalan yang dilakukan oleh para tokoh nasional. Umumnya, para tokoh nasional tersebut memberikan materi tentang nasionalisme dan kebangsaan dalam sesinya. Dia juga menyampaikan, dalam prosesnya pihaknya bekerjasama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

"Kenapa kerja sama dengan TNI, karena untuk menciptakan sipil-militer sudah melakukan kohesivitas sejak awal. Kita berharap seperti itu," jelas dia.

Kedua adalah pemberian materi pembekalan khusus. Di mana dalam pemberian materi tersebut disesuaikan dengan tema KKN di mana KKN itu dilaksanakan. Hal-hal yang dibahas tak jauh tentang pemberdayaan masyarakat, leadership, hingga peningkatan soft skill. Pihaknya mempersilakan pemilihan program KKN yang bisa membangun keterlibatan masyarakat, mahasiswa, pemda, dengan TNI.

"Misal program kerja kebersihan, kemudian ketahanan pangan, kemudian di beberapa daerah sebelumnya bicara tentang perbatasan," ungkap Hasrullah.

photo
Ketua Tim Pengembang KKN Kebangsaan, Hasrullah saat memberikan materi kepada peserta KKN Kebangsaan - (Istimewa)

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement