Sunday, 16 Muharram 1444 / 14 August 2022

4 Kebiasaan Makan Sehat untuk Kendalikan Diabetes 

Selasa 05 Jul 2022 19:29 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih

Warga mengikuti pemeriksaan gula darah gratis di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis (18/11). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Novo Nordisk Indonesia ini dalam rangka Hari Diabetes Sedunia.Prayogi/Republika

Warga mengikuti pemeriksaan gula darah gratis di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis (18/11). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Novo Nordisk Indonesia ini dalam rangka Hari Diabetes Sedunia.Prayogi/Republika

Foto: Prayogi/Republika.
Penderita diabetes disarankan untuk terus-menerus memeriksa kadar gula darah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyakit diabetes sangat umum. Penderita diabetes disarankan untuk terus-menerus memeriksa kadar gula darah mereka.  

Orang dengan diabetes mungkin mengalami kesulitan sepanjang musim panas karena mereka cenderung menjadi lebih dehidrasi daripada rata-rata yang dapat meningkatkan kadar gula darah mereka.

Baca Juga

Dilansir dari dnaindia pada Selasa (5/7/2022), beberapa masalah diabetes dapat membahayakan pembuluh darah dan saraf, yang merusak kelenjar keringat. Tubuh mungkin tidak dapat melakukan pendinginan dengan benar.  

Respons tubuh terhadap insulin juga dapat diubah oleh panas yang ekstrim, membuat pemantauan gula darah secara teratur menjadi penting.  Mengadopsi kebiasaan yang dapat membantu dalam mengelola diabetes Anda sangat penting untuk alasan ini.  

Berikut empat kebiasaan makan sehat untuk mengendalikan diabetes yaitu : 

1. Makan makanan kaya serat 

Tambahkan serat ke makanan Anda untuk membantu menurunkan kadar gula darah. Sebab, serat mempercepat metabolisme dan penyerapan gula darah. Ada banyak pilihan makanan berserat tinggi yang tersedia seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan.

2. Makan siang dengan buah 

Makan siang buah sekali sehari sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Buah-buahan adalah sumber vitamin yang bagus dan juga akan membantu Anda merasa segar dan memuaskan dahaga dalam kondisi panas.  

Buah-buahan dan sayuran musim panas seperti semangka, tomat, bayam, mentimun, seledri, beri, dan paprika tidak hanya dapat membantu Anda tetap terhidrasi, tetapi juga mengandung serat, vitamin C, K, A, kalium, kalsium, magnesium serta antioksidan seperti likopen dan antosianin.

3. Hindari konsumsi karbohidrat sekaligus

Hindari mengkonsumsi semua karbohidrat Anda sekaligus karena ini dapat menyebabkan gula darah Anda naik dengan cepat.

4. Beralih ke makanan sehat

Sambil mengelola diabetes Anda, Anda dapat menjelajahi berbagai makanan lezat dan sehat. Anda bisa memilih sarapan seperti sandwich panggang dengan bayam dan jagung.

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA