Sunday, 16 Muharram 1444 / 14 August 2022

7 Bagian Tubuh yang Kerap Menunjukkan Pertanda Kanker Kulit

Rabu 06 Jul 2022 00:40 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Aktor asal Australia, Hugh Jackman, telah menjalani biopsi di bagian kulit hidungnya untuk memeriksa kemungkinan kanker.

Aktor asal Australia, Hugh Jackman, telah menjalani biopsi di bagian kulit hidungnya untuk memeriksa kemungkinan kanker.

Foto: EPA
Kanker kulit terjadi ketika sel-sel kulit mengalami pertumbuhan yang abnormal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seperti halnya kanker lain, semakin dini kanker kulit ditemukan maka akan semakin besar pula peluang hidup yang dimiliki pasien. Kemunculan tahi lalat atau bintik hitam yang tak biasa di tujuh bagian tubuh bisa menjadi pertanda awal dari kemungkinan adanya kanker kulit.

Kanker kulit terjadi ketika sel-sel kulit mengalami pertumbuhan yang abnormal dan tak terkendali. Menurut Mayo Clinic, sebagian besar kanker kulit muncul di area kulit yang terpapar oleh sinar matahari.

Baca Juga

Secara umum, kanker kulit terdiri dari tiga jenis. Ketiga jenis kanker kulit tersebut adalah karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, dan melanoma. Dari ketiga jenis ini, melanoma dikenal sebagai jenis kanker kulit yang paling serius dan mematikan, serta bisa muncul di berbagai area tubuh.

"Bahkan di area yang tidak terpapar matahari. (Melanoma) bisa mulai muncul sebagai tahi lalat atau bercak gelap di kulit," jelas Dr Kumkum Misra dari Monteceuticals, seperti dilansir //Express, Selasa (5/7/2022).

Menurut Dr Misra, tahi lalat terkait melanoma kerap muncul di tujuh area tubuh:

1. Di antara jari tangan atau kaki

2. Di telapak tangan dan kaki

3. Di genital dan area sekitarnya

4. Di kulit kepala

5. Di dasar kuku (nail beds) pada jari tangan atau kaki

6. Di mata

7. Di mulut, saluran pencernaan, dan saluran kemih yang dikenal sebagai melanoma mukosa.

Menurut Harvard Health, melanoma pada kuku sering kali muncul di jempol tangan atau kaki. Biasanya, tanda melanoma kerap terlihat pada sisi tangan atau kaki yang dominan digunakan.

Salah satu cara untuk mencegah melanoma dan jenis kanker lain adalah melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Perlindungan ini bisa dilakukan dengan mengaplikasikan tabir surya setiap hari, tidak hanya pada saat matahari terlihat terik.

Lampu atau kasur tanning yang berfungsi untuk membuat kulit tampak lebih gelap juga sebaiknya dihindari. Alasannya, kedua mesin ini bekerja dengan cara memancarkan cahaya ultraviolet.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA