Wednesday, 19 Muharram 1444 / 17 August 2022

6 Nutrisi Wajib untuk Kesehatan dan Pertumbuhan Tubuh 

Selasa 05 Jul 2022 16:56 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih

Kebutuhan nutrisi untuk kesehatan (ilustrasi)

Kebutuhan nutrisi untuk kesehatan (ilustrasi)

Foto: shutterstock
Tubuh membutuhkan nutrisi untuk kesehatan dan pertumbuhan yang baik agar tetap sehat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 mengubah banyak hal dengan cara yang belum pernah terlihat sebelumnya.  Pandemi mengubah pola makan, pola konsumsi, dan aktivitas fisik Anda selamanya.  Ketika semuanya kembali normal, Anda mulai lebih fokus pada kekebalan dan kesehatan.

Dilansir dari news18 pada Senin (4/7), tubuh membutuhkan nutrisi untuk kesehatan dan pertumbuhan yang baik agar tetap sehat. Berikut enam nutrisi yang wajib untuk kesehatan yaitu:

Baca Juga

1. Vitamin

Vitamin adalah zat gizi mikro yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.  Vitamin dapat mencegah kanker prostat, memperkuat gigi dan tulang, membantu penyerapan kalsium, menjaga kesehatan kulit dan mendukung fungsi otak dan sistem saraf.  Buah-buahan dan sayuran adalah sumber vitamin yang sangat baik.

2. Mineral

Besi, magnesium, kalsium, fosfor, natrium, kalium, dan klorida adalah mineral utama. Tubuh membutuhkan mineral untuk menyeimbangkan kadar air, menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku, serta menguatkan tulang.  Mineral yang diperlukan ini dapat ditemukan dalam daging merah, garam meja beryodium, susu dan produk susu, sayuran, dan makanan lainnya.

3. Protein

Protein menjaga sel-sel tubuh kita berfungsi dengan baik.  Otot, tulang, kulit, dan rambut tubuh kita semua tumbuh dan menghasilkan antibodi dengan bantuan protein.  Telur, daging, ayam, ikan, makanan laut, kacang-kacangan, susu, yoghurt, dan buah-buahan semuanya mengandung protein.  

4. Lemak

Tubuh kita bisa mendapatkan keuntungan dari memiliki sejumlah lemak. Lemak mendorong pertumbuhan sel, memperbaiki fungsi kognitif, dan meningkatkan gerakan otot.  Minyak sayur, ikan, biji-bijian, dan kenari tinggi lemak.

5. Karbohidrat

Tubuh membutuhkan karbohidrat karena merupakan bahan bakar dari semua sel tubuh.  Konsumsi karbohidrat seperti roti putih, pasta, dan nasi harus dibatasi.  Sistem kekebalan tubuh, fungsi otak, sistem saraf, dan sistem pencernaan semuanya diperkuat oleh karbohidrat.  Buah-buahan, sayuran, beras merah, gandum, pasta, roti mengandung karbohidrat dalam jumlah yang signifikan.

6. Air

Salah satu nutrisi terpenting bagi tubuh adalah air.  Seseorang harus terus-menerus tetap terhidrasi. Sakit kepala dan masalah dengan fungsi fisik dan mental dapat terjadi akibat dehidrasi.  

Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, yang diperlukan untuk fungsi fisiologis yang lebih baik. Tubuh kita menggunakan air untuk membuang racun, memberikan nutrisi dan meringankan sembelit.  Setiap hari, Anda harus mengonsumsi 3 hingga 4 liter air.

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA