Monday, 30 Safar 1444 / 26 September 2022

Barcelona Tetapkan Angka Klausul Rilis untuk Andreas Christensen dan Franck Kessie

Selasa 05 Jul 2022 15:36 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto

Bek Chelsea yang kini berlabuh ke Barcelona, Andreas Christensen.

Bek Chelsea yang kini berlabuh ke Barcelona, Andreas Christensen.

Foto: EPA-EFE/Claus Bech
Klausul Barca itu untuk mengikat sang pemain agar tak bebas bergerak ke klub lain.

REPUBLIKA.CO.ID, KATALAN -- Barcelona telah memasukkan klausul rilis senilai 1 miliar euro ke dalam kontrak pemain baru Andreas Christensen dan Franck Kessie dengan masing-masing 500 juta euro, dikutip dari mirror, Selasa (5/7/2022). Dua kesepakatan itu telah terjadi sejak Maret 2022.

Kedua pemain telah tiba di Camp Nou sebagai agen bebas setelah kontraknya berakhir di masing-masing klub sebelumnya, yakni Chelsea dan AC Milan.

Baca Juga

Memasukkan klausul rilis ke dalam kontrak merupakan mekanisme yang diterapkan oleh otoritas sepak bola Spanyol. Contoh paling terkenal dari klausul rilis yang berpengaruh ketika Barcelona dipaksa mengizinkan Neymar pergi pada 2017 dengan biaya transfer rekor dunia 222 juta euro. Klausul itu ditetapkan dalam kontrak sang pemain dan dipandang sebagai penghalang untuk bergerak.

Tetapi Paris Saint-Germain (PSG) bisa mengumpulkan uang sebesar itu untuk mendapatkan Neymar sehingga Barcelona tak berdaya menolaknya. Rasa penyesalan itu masih melekat di tubuh Barcelona yang tak bisa mempertahankan Neymar.

Kepindahan Christensen ke Blaugrana mengakhiri 10 tahun sang bek di Stamford Bridge. Selama berseragam Chelsea, ia memenangkan Piala FA, Liga Champions, Liga Europa, Piala Dunia Antarklub, dan Piala Super Eropa. Kedatangannya diumumkan Barcelona pada Senin (4/7/2022) kemarin atau beberapa jam setelah klub mengumumkan penandatanganan gelandang Kessie.

Kessie menghabiskan waktu lima tahun bersama Rossoneri. Pemain internasioal Pantai Gading itu memainkan peran kunci ketika Milan merebut scudetto Serie A Italia musim lalu sekaligus gelar pertama Milan sejak 11 tahun.

Kehadiran Kessie akan meningkatkan opsi lini tengah tim asuhan Xavi Hernandez. Ia juga dapat menjadi penggati Frenkie de Jong yang santer dikaitkan akan segera merapat ke Manchester United. Ia akan bersaing dengan Pedri, Gavi, Sergio Busquets, dan Nico Gonzalez di posisi tersebut.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA