Selasa 05 Jul 2022 11:50 WIB

Yaya Toure Ingatkan Kessie tentang Persaingain Ketat di Barcelona

Jika dia ingin pergi, dia harus ke Barcelona.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Muhammad Akbar
Yaya Toure
Foto: Reuters/Anthony Devlin
Yaya Toure

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Yaya Toure menilai Franck Kessie bakal menjadi pemain hebat untuk Barcelona. Eks AC Milan itu sudah resmi berseragam Barca.

Sebelumnya ia berstatus bebas transfer. Pada Senin (4/7) malam WIB, kubu Blaugrana mengumunkan penandatangan ini. Kessie bermarkas di Camp Nou sampai Juni 2026.

Kedatangan sosok yang juga pernah berkostum Atalanta itu menambah pilihan di lini tengah Raksasa Katalan. Pelatih Xavi Hernandez siap bereksprimen. Ia memiliki banyak amunisi berkelas di sektor gelandang.

Selama proses negosiasi dengan Los Cules, Kessie menghubungi Toure. Ia meminta masukan. Maklum, nama terakhir pernah membela Barca pada masa lalu. Keduanya sama-sama berasal dari Pantai Gading.

"Dia menelpon saya beberapa kali karena dia tahu saya mengenal Barcelona," kata Toure, dikutip dari barcablaugranes.com, Selasa (5/7).

Dari pembicaraan mereka, ia mengetahui yuniornya mendapat tawaran kontrak baru yang disodorkan Milan. Mereka menghormati nama besar Rossoneri. Tapi nampaknya Kessie ingin mencoba petualangan baru.

"Saya mengatakan kepadanya untuk tidak ragu. Jika dia ingin pergi, dia harus ke Barcelona," ujar Toure.

Pria yang melegenda bersama Manchester City itu menjelaskan secara detail tentang kehidupan di Barcelona kepada yuniornya. Intinya, Kessie harus menampilkan permainan bagus sejak awal. Kemudian menjalani kehidupan yang baik di luar lapangan.

"Barcelona kota besar dan saya mengatakan kepadanya agar tidak terlalu banyak keluar pada malam hari, agar berhati-hati. Anda harus fokus pada pertandingan karena mereka akan menilai anda di semua laga," tutur Toure.

Menurutnya, Kessie termasuk gelandang yang sangat kuat secara fisik. Toure berpendapat kompatriotnya masih bisa berkembang di berbagai aspek. Terpenting, pesepakbola 25 tahun ini memiliki kepercayaan diri.

"Saya pikir dua akan menjadi rekrutan yang hebat. Saya katakan padanya dia harus siap untuk bersaing di level tinggi di Barca. Ada dua atau tiga pemain bertarung menjadi starter di satu posisi," ujar pesepakbola yang pensiun di Qingdao Huanghai ini.

Barcelona langsung menetapkan klausul dengan harga selangit demi memagari bintang anyar mereka. Para peminat Kessie harus menyiapkan 500 juta euro, jika ingin membajak sang gelandang dari Camp Nou.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement