Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Qurban BMH Jangkau Wilayah Terluar Pulau Kangean, Madura

Selasa 05 Jul 2022 07:49 WIB

Red: Irwan Kelana

Tahun lalu BMH menyalurkan hewan kurban untuk Pulau Kangean, Sumenep, Madura. Tahun ini pun BMH Jatim bertekad kembali menyalurkan hewan kurban ke Pulau Kangean.

Tahun lalu BMH menyalurkan hewan kurban untuk Pulau Kangean, Sumenep, Madura. Tahun ini pun BMH Jatim bertekad kembali menyalurkan hewan kurban ke Pulau Kangean.

Foto: Dok BMH
BMH menyalurkan program Qurban Plus Sedekah Jariyah Sumur Bor.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (BMH) kembali siap menyalurkan hewan qurban untuk warga yang menempati lokasi terpencil dan terluar di Pulau Kangean, Sumenep, Madura, Jawa Timur

"Lokasi ini cukup jauh dari Surabaya. Untuk sampai ke Pulau Kangean harus menggunakan kapal motor kayu. Dari pelabuhan Sumenep memakan waktu kurang lebih 14 jam. Klau saat perjalanan cuaca kurang bagus,  kapal pun merapat ke Pulau Raas. Dan, perjalanan berlanjut esok harinya,” terang Kadiv Program dan Pemberdayaan BMH Jatim, Imam Muslim, dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (4/7/2022).

BMH sebagai lembaga dengan jaringan tersebar di seluruh Indonesia memang berkomitmen hadirkan kebahagiaan qurban ini hingga ke wilayah pelosok dan terpencil di negeri ini, seperti Pulau Kangean ini.

"Di sini ada sekitar 613 KK yang berharap tahun ini bisa merasakan daging qurban," ujar Ustadz Aminullah, Dai Tangguh BMH di Pulau Kangean.

Tahun lalu 2021, Laznas BMH juga  mendistribusikan  hewan qurban ke Pulau Kangean ini. "Kami berharap bisa kembali berbagi hewan qurban untuk membahagiakan saudara-saudara kita di Pulau Kangean ini," ungkap Muslim.

Melalui program Qurban Plus Sedekah Jariyah Sumur Bor, Laznas BMH tidak hanya mendistribusikan hewan qurban, tapi juga ikut mewujudkan bantuan sumur bor dan pembangunan mushala untuk ibadah warga di pelosok Pulau Kangean tersebut.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA