Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

Jangan Tinggalkan Masker Demi Cegah Penularan Covid-19

Selasa 05 Jul 2022 02:55 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Dinkes Lampung ingatkan jangan tinggalkan masker dan waspadai penularan Covid-19 subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. Ilustrasi.

Dinkes Lampung ingatkan jangan tinggalkan masker dan waspadai penularan Covid-19 subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. Ilustrasi.

Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Dinkes Lampung ingatkan waspadai penularan Covid-19 subvarian Omicron BA.4 dan BA.5

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung Reihana mengingatkan masyarakat agar tidak meninggalkan penggunaan masker untuk mencegah penularan Covid-19.

"Prediksi peningkatan kasus Covid-19 pada bulan ini memang telah disampaikan dan ini jadi perhatian kita bersama," ujar Reihana di Bandar Lampung, Senin (4/7/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan untuk mencegah penyebaran Covid-19 maka penggunaan masker harus dilakukan secara konsisten. "Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 penularannya cukup cepat, tapi angka fatalnya kecil karena kematian rendah. Jadi kita harus proteksi diri dengan disiplin protokol kesehatan utamanya penggunaan masker," katanya.

Reihana menjelaskan pengetatan penerapan protokol kesehatan akan kembali dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat. "Lalu diperketat kembali disiplin protokol kesehatan. Sebelumnya memang ada pelonggaran penggunaan masker di luar ruangan, tapi sekarang kami ingatkan kembali untuk menggunakannya, dan jangan tinggalkan masker, jangan lengah," ucap dia.

Selain menggunakan masker perlu pula menghindari kerumunan dan berperilaku hidup bersih dan sehat. "Kami imbau untuk tetap menjaga penerapan protokol kesehatan dengan disiplin dan utamanya hindari kerumunan, tetap lakukan hidup sehat bersih," ujar dia.

Dinkes Lampung akan terus melakukan penelusuran kasus, tes, perawatan pasien, dan isolasi dengan cepat. "Kami tidak pernah berhenti melakukan penelusuran, tes pada kasus, dan perawatan pasien ini jadi upaya mencegah perluasan persebaran Covid-19," kata Reihana.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA