Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

Kiat Memulai Edukasi Agar Anak Terhindar dari Pelecehan Seksual

Senin 04 Jul 2022 22:42 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Ilustrasi ibu bersama anak-anaknya. Pendidikan seksualitas pada anak harus dimulai dari usia dini, dimulai dari usia nol hingga dua tahun

Ilustrasi ibu bersama anak-anaknya. Pendidikan seksualitas pada anak harus dimulai dari usia dini, dimulai dari usia nol hingga dua tahun

Foto: Republika/ Wihdan
Pendidikan seksualitas pada anak harus dimulai dari usia dini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Psikolog keluarga dan anak dari Lembaga Psikolog Terapan UI (LPTUI) Anna Surti Ariani menjelaskan ada beragam kiat praktis untuk agar anak terhindar dari pelecehan seksual. Ia menganjurkan agar orang tua memberikan edukasi sedini mungkin.

"Pendidikan seksualitas pada anak memang harus dimulai dari usia dini, dimulai dari usia nol hingga dua tahun," kata Anna dalam acara daring, dikutip Senin (4/7/2022).

Baca Juga

Orang tua, menurut Anna, harus menyampaikan dengan benar anggota-anggota tubuh anak sesuai dengan nama aslinya. Ia tidak merekomendasikan memakai nama-nama kiasan.

Dengan memberitahu nama asli dari anggota tubuh, anak nantinya dapat dengan mudah memberikan laporan kepada orang tua jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Setelah memasuki usia di atas dua tahun, ajarkan anak untuk bisa menghargai tubuhnya sendiri dimulai dari hal sederhana membiasakan anak mengganti baju di tempat yang tertutup.

"Ini sering terjadi nih di tempat liburan, misalnya lagi di pantai terus mau mandi. Anaknya disuruh buka baju di tempat umum, terus akhirnya dilihat semua orang saat mandi," ujar Ketua Ikatan Psikolog Klinis Indonesia wilayah Jakarta itu.

Anna menjelaskan ini bisa membuat anak tidak biasa untuk menghargai tubuhnya. Jadi , ajari anak untuk menghargai tubuhnya.

"Salah satu caranya membiasakan diri ganti baju di tempat tertutup," kata Anna.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA