Ahad 05 Feb 2012 07:16 WIB

Nelayan Majene Butuh Alat Deteksi Tempat Ikan Berkumpul

Seorang nelayan sedang mempersiapkan jaring untuk keperluan menangkap ikan.
Foto: Antara
Seorang nelayan sedang mempersiapkan jaring untuk keperluan menangkap ikan.

REPUBLIKA.CO.ID, MAMUJU -- Nelayan di Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat, meminta kepada pemerintah pusat untuk memberikan bantuan alat pendeteksi tempat ikan berkumpul di laut. Bupati Majene, Kalma Katta, mengakui salah satu kekurangan nelayan Majene adalah mereka tidak memiliki alat pendeteksi ikan.

"Kabupaten Majene terkenal sebagai daerah yang mayoritas masyarakatnya adalah nelayan. Tapi, mereka kekurangan perlengkapan seperti alat pendeteksi tempat ikan berkumpul di laut," kata Bupati Majene, Kalma Katta, di Mamuju.

Karena tidak memiliki alat pendeteksi ikan di laut, maka hasil tangkapan nelayan di Majene dianggap kurang dalam meningkatkan sektor perikanan dan mendorong kemajuan ekonomi daerah Majene. Nelayan Majene awalnya menangkap ikan di laut dangkal. Namun karena laut dangkal mulai tercemar dan ikan berkurang, mereka kemudian menangkap ikan di laut dalam sekitar 30 mil dari lepas pantai Majene.

''Namun, karena tidak adanya sarana alat pendeteksi untuk mengetahui tempat ikan berkumpul di laut dalam, maka nelayan kesulitan menangkap ikan dan produksinya menjadi kurang,'' katanya. ''Oleh kareanya, saya meminta pemerintah memberikan bantuan alat pendeteksi ikan bagi nelayan Sulbar yang ada di Majene. Ini agar mereka tidak kesulitan lagi menangkap ikan dan dapat memacu peningkatan produksi perikanannya.''

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement