Kamis 04 Aug 2011 12:46 WIB

Status Gunung Merapi Sumbar Masih Waspada

Gunung Merapi, Sumatra Barat
Foto: .
Gunung Merapi, Sumatra Barat

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG - Pos Pengamatan Gunung Merapi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan status Gunung Merapi di Sumatera Barat masih tetap waspada.

"Aktivitas Gunung Merapi masih pada taraf normal, meskipun ada gempa kecil vulkanik," kata petugas pemantau Gunung Merapi pada Pos PVMBG Bukittinggi Warseno ketika dikonfirmasi dari Padang, Kamis.

Warseno mengatakan, gempa vulkanik yang terjadi sejak Rabu siang hingga Kamis sudah tercatat belasan kali tetapi masih dalam batas normal.

Kendati demikian, tentu tetap dilakukan pemantauan terhadap aktivitas kegempaan dan abu vulkanik yang disemburkan gunung api aktif itu, katanya.

Gunung Merapi merupakan gunung dengan ketinggian 2.891 meter dari permukaan laut (mdpl) dan berada di dua kabupaten masing-masing Agam dan Tanah Datar. Pada Rabu (3/8) pagi gunung itu mulai menyemburkan abu vulkanik.

Semburan abu vulkanik itu tidak hanya sampai di Kota Padangpanjang, tetapi bahkan ke Sicincin dan Kayu Tanam, Kabupaten Padangpariaman.

Menurut Warseno, aktivitas Gunung Merapi tidak mempengaruhi gunung api yang lainnya. Gempa tektonik berkekuatan 6,0 skala richter (SR) yang terjadi pada Kamis pagi juga tidak mempengaruhi aktivitas Gunung Merapi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam Isfaimal mengatakan, aktivitas masyarakat yang berada di kawasan Gunung Merapi berjalan dengan normal.

Pihaknya sudah mendapatkan informasi dari PVMBG bahwa aktivitas Gunung Merapi sudah kembali beransur normal. "Belum ada masyarakat yang menggunakan masker. Setelah semburan abu Rabu pagi, kawasan itu sudah diguyur hujan," katanya.

Namun demikian, tambahnya, pihaknya tetap meminta masyarakat tetap waspada dan sebagai langkah antisipasi memang dipersiapkan posko untuk siaga di beberapa nagari di kawasan itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement