Wednesday, 15 Zulhijjah 1441 / 05 August 2020

Wednesday, 15 Zulhijjah 1441 / 05 August 2020

Patung Raksasa Cheng Ho di Klenteng Sam Poo Kong, Semarang Diresmikan

Rabu 27 Jul 2011 15:04 WIB

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG - Patung Laksamana Cheng Ho, patung terbesar di dunia yang berada di Kelenteng Sam Poo Kong, Semarang, akan diresmikan Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo, Jumat malam (29/7).

Ketua Panitia Penataan Kelenteng Sam Poo Kong, Tutuk Kurniawan, di Semarang, Rabu (27/7), mengatakan bahwa peresmian patung setinggi 12,7 meter (tinggi patung 10,7 meter ditambah tempat patung 2 meter) tersebut akan dimeriahkan dengan berbagai parade seni.

"Nantinya akan ada tarian dari negara yang pernah menjadi tempat pendaratan Laksamana Cheng Ho, seperti India, Malaysia, dan Vietnam," kata Tutuk. Tidak hanya parade seni, lanjut Tutuk, nantinya juga akan ada pesta kembang api selama 12 menit tanpa henti pada Jumat (29/7) pukul 19.45 WIB dan 24.00 WIB.

"Acara akan dimulai pukul 19.00 WIB dengan penyalaan lilin oleh Gubernur Jateng diteruskan peresmian dengan penandatanganan prasasti juga oleh Gubernur Jateng, Bibit Waluyo" katanya.

Tutuk menambahkan bahwa patung setinggi 12,7 meter tersebut menggantikan patung lama yang hanya berukuran 1,8 meter. Patung tersebut sudah tiba dan langsung ditempatkan di Kelenteng Sam Poo Kong sekitar tiga bulan lalu.

Ia menceritakan pergantian patung Laksamana Cheng Ho tersebut merupakan keinginan kuat dari Gubernur Jateng, Bibit Waluyo. Gubernur menginginkan ada tempat wisata yang dapat menjadi tujuan utama wisata dan terpilihlah Kelenteng Sam Poo Kong.

Demi menjadikan Kelenteng Sam Poo Kong sebagai tempat tujuan wisata, Gubernur menginginkan patung Laksamana Cheng Ho diganti dengan ukuran besar. Keinginan tersebut disambut salah satu umat yang ada di Batam yang menyumbangkan patung Laksamana Cheng Ho.

"Patung tersebut didatangkan langsung dari China. Awalnya mau dibantu patung berukuran 20 meter, akan tetapi karena kesulitan dalam pengiriman akhirnya diputuskan 10,7 meter," katanya.

Tutuk menambahkan sehari sebelum peresmian patung Laksamana Cheng Ho, Kamis (28/7) pukul 19.00 WIB di Kelenteng Sam Poo Kong juga akan digelar wayang kulit yang dapat dinikmati oleh masyarakat Kota Semarang dan pengunjung.

Setelah acara peresmian patung Laksamana Cheng Ho, tanggal 30 Juli 2011, akan ada perayaan Sam Poo Besar yakni arak-arakan patung Sam Poo Tay Jin dari Kelenteng Tay Kak Sie pukul 05.00 WIB menuju Kelenteng Sam Poo Kong.

"Saat ini sudah terdaftar 1.400 orang yang akan berwajah coreng- moreng ala wayang opera Tiongkok (tahun lalu menggunakan topeng). Pengawal berwajah coreng moreng tersebut disebut Bee-Kun," kata Tutuk.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA