Senin 23 Aug 2010 02:23 WIB

Dinas Perhubungan Banyumas Siapkan 2.000 Armada

Rep: Eko Widyatno/ Red: Arif Supriyono

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS--Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas, Jatenng akan menyiagakan armada yang cukup besar dalam menghadapi arus mudik dan arus balik lebaran. Jumlah armada yang disiapkan mencapai 2.000 unit.

''Kita sudah koordinasi dengan Organda Banyumas. Mudah-mudahan saja, dengan armada sebanyak itu tak ada penumpang yang akan telantar,'' kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi Kabupaten Banyumas, Kartiman, akhir pekan lalu (21/8).

Dia menyebutkan, ke-2000 armada yang disiapkan tersebut terdiri dari delapan jenis angkutan. Antara lain, untuk jenis angkutan AKAP (Antarkota Antarprovinsi) sebanyak 109 armada, jenis angkutan AKDP (Antarkota Dalam Provinsi) sebanyak 679 armada, dan angkutan kota sebanyak 344 armada. Selain itu, juga ada angkutan pedesaan sebanyak 617 armada, mikrobus sebanyak 115 armada, taksi 120 armada, dan angkutan sewa 40 armada.

''Ada juga angkutan pariwisata yang kita siapkan untuk mengangkut pemudik jika dibutuhkan. Jumlahnya sebanyak 34 armada,'' jelasnya.

Menurut dia, jumlah armada sebanyak itu disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang mudik dan balik lebaran di Terminal Purwokerto, yang jumlahnya diperkirakan akan mencapai 350 ribu penumpang. Perkiraan jumlah ini diperoleh bila jumlah penumpang mudik dan balik meningkat sekitar 6 persen dibanding tahun lalu. Pada tahun lalu, kata Kartiman, jumlah pemudik dan penumpang balik yang masuk Purwokerto, mencapai 325 ribu penumpang. Pemudik in kebanyakan datang dari Jakarta.

Sementara untuk angkutan kereta api, Humas Daop V Purwokerto, Surono, mengaku seluruh jajaran pegawai KA Daop V sudah siap mengantisipasi lonjakan penumpang selama musim lebaran. Dia memperkirakan, selama musim lebaran ini akan ada sekitar 216 ribu penumpang yang akan menggunakan sarana angkutan KA.

Sedangkan untuk pengamanan arus mudik selama musim lebaran, petugas gabungan dari satuan Reserse, Intelkam dan Brimob Banyumas, akan melakukan pengamanan di seluruh ruas jalan wilayah BAnyumas. ''Kita akan dirikan posko-posko lebaran di beberapa titik. Selain untuk melakukan pengamanan, kita juga menyediakan posko tersebut bagi pemudik yang hendak beristirahat,'' kata Kasat Reskrim Polres Banyumas, AKP Zaenal Arifin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement