Rabu 15 Jun 2011 22:02 WIB

Seperti Nobar Piala Dunia, Kepala Desa Ajak Warga Nobar Gerhana Bulan di Lapangan

Puluhan mahasiwa nonton bareng peristiwa gerhana bulan (ilustrasi)
Foto: facebook.com
Puluhan mahasiwa nonton bareng peristiwa gerhana bulan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,SANGATA - Romadhan, Kepala Desa Sangkima, Kecamatan Sangata Selatan, Kalimantan Timur, mengatakan warganya akan berkumpul di lapangan kantor desa pada Kamis (16/6) dini hari ini. Mereka akan bersama-sama menonton gerhana bulan yang prediksinya akan terjadi pada pukul 02.30 WITA.

"Memang jam 2.30 wita itu sudah tengah malam, lagi enak-enaknya tidur dan mimpi. Namun karena gerhana bulan itu jarang terjadi, makanya warga saya banyak mau melihat," kata Romadhan.

Gerhana ini sangat menarik untuk dilihat. Sebab, waktunya terjadi selama 100 menit. ''Bagi saya, ini peristiwa luar biasa yang tidak bisa dilewatkan,'' katanya.

Peneliti astronomi dan astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, mengatakan bahwa kamis dini hari nanti berpeluang menjadi salah satu gerhana bulan total terlama sepanjang sejarah. "Dijelaskan Thomas Djamaluddin, gerhana bulan diperkirakan akan berlangsung selama sekitar 100 menit atau paling lama dalam sejarah gerhana bulan. Itu karena posisi bulan nanti dekat dengan pusat bayangan bumi," ujar Romadhan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement