Wednesday, 13 Rabiul Awwal 1440 / 21 November 2018

Wednesday, 13 Rabiul Awwal 1440 / 21 November 2018

SAR Temukan 27 Korban Tewas KM Martasiah

Selasa 07 Jun 2011 18:42 WIB

Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, KOTABARU - Tim Search And Rescue (SAR) Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), hingga Selasa petang berhasil menemukan 27 korban tewas akibat tenggelamnya KM Martasiah di Tanjung Dewa, Kotabaru, Kalsel Senin (6/6). Koordinator Tim Search And Rescue (SAR) Rusliansyah, mengatakan, hingga saat ini jumlah korban meninggal dunia yang ditemukan sebanyak 27 orang, 13 korban ditemukan Senin dan 10 korban. Sedangkan untuk korban yang selamat sebanyak 73 orang.

Rusliansyah mengaku belum dapat memastikan jumlah penumpang KM Martasiah yang pasti, karena tidak ada manives/daftar penumpang. "Jika penumpang Martasiah nerjumlah 105 orang, maka masih ada lima korban belum ditemukan," katanya menjelaskan.

Akan tetapi jika jumlah penumpang hanya 100 orang, maka semua korban Martasiah sudah ditemukan, korban selamat 73 orang dan meninggal dunia 27 orang. Korban meninggal dunia, lanjut Rusliansyah, semuanya disebapkan akibat mati lemas.

Ia menuturkan, telah mengerahkan sebanyak delapan penyelam untuk melakukan pencarian korban didasar laut. Koordinator SAR Kotabaru belum memastikan kapan pencarian korban akan dihentikan.

Dia mengaku masih akan melakukan pencarian korban di sekitar lokasi kejadian di perairan Tanjung Dewa. Sementara itu, KM Martasiah merupakan jenis kapal kayu ang mengangkut penumpang dan barang.

Kapal Martasiah membuka pelayaran Kotabaru-Geronggang, Kelumpang Tengah, untuk menempuh perjalanan ke Geronggang memerlukan waktu tempuh sekitar 2-3 jam. Rencananya, KM Martasiah Senin (6/6) sekitar pukul 10.00 Wita bertolak dari pelabuhan Panjang Kotabaru menuju pelabuhan Geronggang.

Baru sekitar 1,5-2 jam berlayar, atau tepatnya di perairan Tanjung Dewa lambung kapal sebelah kanan dihantam ombak dan angin kencang yang membuat kapal oleng dan tenggelam.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA