Minggu, 13 Syawwal 1440 / 16 Juni 2019

Minggu, 13 Syawwal 1440 / 16 Juni 2019

Anak Kevin Rudd Sindir Julia Gillard sebagai "Perampok" Politik

Ahad 27 Jun 2010 22:08 WIB

Red: Siwi Tri Puji B

Kevin Rudd pada hari menyatakan dia mundur

Kevin Rudd pada hari menyatakan dia mundur

Foto: The Australian

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY--Menyakitkan. Itulah gambaran mundurnya perdana menteri Australia, Kevin Rudd dari pentas politik Australia dan digantikan Julia Gillard yang kini menduduki kursi perdana menteri menggantikannya. Dan, Jessica Rudd bakal menuangkannya dalam bentuk novel. Meski nama dan setting cerita berbeda, namun media Australia menyebut novel ini murni menceritakan kisah mundurnya sang ayah yang "bagai ditusuk dari belakang".

Jessica Rudd adalah anak perempuan Kevin Rudd yang memang seorang novelis. Mantan pengacara itu kini bermukim di Beijing, Cina, bersama suaminya.

Dalam novel terbaru berjudul Campaign Ruby, ia mencacat banyak hal yang terlewatkan oleh publik Australia soal mundurnya Rudd. Caroline Overington, jurnalis The Australian yang sudah membaca beberapa bagian novel menceritakan, "Novel berkisah tentang seorang pria emosional yang didukung penuh oleh istrinya dan berkata di depan wartawan di hari dia digulingkan, "Saya bangga" dengan bibir bergetar," ujarnya. Pada hari Julia Gillard maju jadi perdana menteri, Rudd memang menggelar jumpa pers dan dengan mata berkaca-kaca menyatakan bangga telah memberikan semuanya pada Australia.

Menurut banyak media Australia, novel ini lebih berupa sindiran politik ketimbang sebuah karya fiksi. "Ini murni cerita soal seorang pendana menteri yang digulingkan melalui sebuah perampokan kekuasaan," kata seorang wartawan politik Australia. Menurutnya, pembaca novel bakal mengalami banyak kejutan, sama seperti kejutan saat Rudd mundur dan Gillard dielu-elukan sebagai wanita perdana menteri pertama di Negeri Kanguru.

terlepas dari semua itu, tradisi menulis memang kental dalam keluarga Rudd. Di sela-sela kesibukannya saat masih menjabat perdana menteri, Rudd juga menelurkan buku cerita anak-anak berjudul Jasper and Abby. Buku itu bercerita tentang dua hewan peliharaan, merujuk pada anjing-anjing milik keluarga ini.

Buku yang dipublikasi oleh Allen and Ln-winini mulai dipasarkan Februari lalu.  Keuntungan dan penjualan buku tersebut rencananya disalurkan ke sebuah rumah sakit untuk anak di Melbourne, Royal Childrens Hospital. Buku tersebut ditulis Rudd bersama aktor Rhys Muldoon yang merupakan pembawa acara program anak-anak di televisi.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA