Selasa 19 Apr 2011 11:45 WIB

Topeng Berusia 300 Tahun Dipamerkan dalam Festival Wayang

REPUBLIKA.CO.ID,  BANDUNG - Topeng yang berusia 300 tahun milik maestro tari topeng Indramayu almarhumah Mimi Rasimah akan dipamerkan pada ajang Bandung Wayang Festival (BWF) 2011 yang akan berlangsung 23-30 April 2011. "Panitia telah meminta izin kepada keluarga alm Mimi Rasimah untuk memamerkan topeng yang sudah berusia 300 tahun milik maestro tari topeng asal Indramayu itu," kata Direktur BWF 2011, Bambang Wijayanto di Bandung, Selasa (19/4).

Sementara itu sejumlah kolektor wayang tradisi di Jawa Barat dilibatkan untuk menampilkan wayang yang mereka koleksi. "Pameran disiapkan bagi kolektor wayang, karena mereka merupakan dari kekuatan penting pelestarian warisan budaya khususnya wayang," katanya.

Kegiatan Bandung Wayang Festival 2011, kata dia merupakan gerakan bersama dalam berbagai genre seni wayang untuk memelihara kesenian dalam berbagai bentuk karya seni. Sebelumnya, panitia juga menggelar pertunjukan dan road show yang bertajuk Road to Bandung Wayang Festival.

Sedangkan lokasi penyelenggaraan Bandung Wayang Festival digelar di tujuh titik yakni di Kota Baru Parahyangan, Institut Teknologi Nasional, Universitas Padjadjaran, Bandung Indah Plaza, Museum Barli, Toko You serta di Jabar Craft Center. Bandung Festival Wayang 2010 merupakan festival wayang terbesar dan terlama digelar di Indonesia.

Sejumlah wayang yang ditampilkan adalah wayang golek. wayang pantun, wayang cepak. wayang kulit serta peserta wayang koleksi dari wayang asal Jepang. Selain memamerkan wayang tradisi, festival wayang itu juga akan menampilkan pagelaran wayang dari sejumlah dalang di Jawa Barat.

"Kegiatan festival ini akan melibatkan 800 personil dan merupakan upaya menggerapakan energi kreatif para pencinta wayang, dalang, perupa, seniman pertunjukan, masyarakat pendukung serta yang lainnya," kata Sanusi.

Festival itu juga menampilkan digital art, animasi, seni grafis, lukisan wayang tradisi, video art, film pendek dan seni instalasi. Sejumlah perupa yang memamerkan karyanya adalah Krisna Murti, Ricka Radipa, Wayang Tavip, Eko Nugrono, Nina Paley (USA), Fransisco Ugalde (Ecuador). Davide Groso, Mo'ong Sandy (Itali), Arno Dalicata (Perancis), Linca Kaplanova (Ceko), pelukis Bale Seni Barli, perupa wayang golek dan seniman lain yang mewakili seni wayang baru.

"Sejumlah wayang akan ditampilkan, hanya Wayang Pantun yang tidak bisa ditampilkan karena tidak ada dalang penerusnya," kata Bambang. Rencananya Wayang Bandung Festival 2011 akan dibuka oleh Wakil Gubernur Jabar H Dede Yusuf di Bale Pare Kota Baru Parahyangan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement