Ahad 26 Feb 2012 10:47 WIB

Hari ini, Naik Transjakarta Gratis!!

Rep: Nawang Fatma Putri/ Red: Hafidz Muftisany
Busway Transjakarta.
Foto: Republika/Prayogi
Busway Transjakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, KEBON SIRIH -- Masyarakat Jakarta yang ingin bepergian keliling Jakarta dengan transportasi gratis tampaknya bisa menjadikan bus Transjakarta sebagai pilihan. Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta, M. Akbar menuturkan khusus untuk hari ini, Ahad (26/2), pihaknya sengaja menggratiskan tiket bus Transjakarta.

Menurut Akbar, walaupun penumpang Transjakarta per harinya sudah mencapai 350.000 orang, masih banyak masyarakat di Ibu Kota yang belum pernah menggunakan Transjakarta. "Dengan digratiskannya tiket untuk hari ini, kita harap masyarakat luas yang belum pernah naik bus Transjakarta jadi tertarik untuk naik dan merasakan moda transportasi ini," ujar Akbar, Ahad (26/2).

Akbar menuturkan, program gratis sehari naik Transjakarta ini dimulai sejak pukul 05.00 WIB pagi hingga pukul 23.00 WIB. "Dan ini berlaku di sebelas koridor Transjakarta," katanya menambahkan.

Untuk memperlancar program ini, pihak BLU Transjakarta sengaja mengerahkan sekitar 4.300 orang petugas. Tak hanya itu, petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) DKI, dan Polda Metro Jaya, juga turut dikerahkan, untuk meminimalisir risiko yang ada, karena jumlah diperkirakan penumpang membludak. "Kita juga telah menyisipkan delapan mobil derek di lokasi-lokasi strategis untuk antisipasi bus mogok. Penempatan petugas patroli juga disiapkan lebih banyak dari biasanya," ujar Akbar.

Sementara untuk teknis pengambilan tiket, dituturkan Akbar, masyarakat yang ingin menggunakan bus Transjakarta tetap mengambil karcis di loket seperti biasa, namun kali ini tanpa merogoh kocek sepeser pun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement