Jumat 02 Dec 2011 15:15 WIB

Ini Dia Penyebab Banjir Jakarta

Rep: Satya Festiani/ Red: Chairul Akhmad
Air membanjiri permukiman padat penduduk di kawasan Bantaran Kali Ciliwung, Cawang, Jakarta Timur, Jumat (18/11). (Republika/Aditya)
Air membanjiri permukiman padat penduduk di kawasan Bantaran Kali Ciliwung, Cawang, Jakarta Timur, Jumat (18/11). (Republika/Aditya)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Genangan atau banjir di DKI Jakarta disebabkan oleh tiga kejadian. "Kejadian pertama adalah hujan lebat di gunung," ujar Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, Jumat (2/11). Air hujan akan mengalir ke Jakarta sebelum menuju ke laut.

Menurut Foke, hujan kiriman sudah tidak ada. Hal ini disebabkan Kali Cipinang dan Kali Sunter sudah dialirkan ke Kanal Banjir Timur. Banjir yang disebabkan hujan kiriman dapat terjadi bila saluran penghubung masih sempit. Sempitnya saluran penghubung karena bantaran kali dipakai hunian oleh masyarakat.

Kejadian yang kedua adalah hujan lokal yang sangat deras. Air yang berasal dari hujan ini akan cepat mengalir ke laut jika saluran air dalam keadaan bersih. Namun jika saluran kotor, banjir akan terjadi.

Sempitnya saluran juga dapat mengakibatkan banjir. "Seperti di Pekayon, kali dipersempit oleh warga sehingga banjir," ujar Foke. Hujan lokal yang mengguyur Pekayon semalam menyebabkan banjir setinggi lutut sampai satu meter.

Kejadian yang ketiga adalah naiknya permukaan air laut. Naiknya permukaan laut diikuti oleh angin yang cukup kencang. "Ini adalah bahaya baru yang harus diperhitungkan ke depan," ujar dia.

Banjir karena hal ketiga ini ditemukan di pantai utara Jakarta. Banjir di pantai utara Jakarta diperparah dengan permukaan tanah di Jakarta Utara yang turun karena air tanah terus-terusan disedot.

Untuk mengantisipasi banjir akibat hujan kiriman, pihaknya membuat sistem monitoring dari aliran air yang datang dari Bogor. "Jika di Puncak hujan deras, kita bisa memonitor kapan air tersebut sampai di Jakarta," ujar dia. Monitoring tersebut berfungsi sebagai early warning (peringatan dini) bagi warga yang tinggal dekat Kali Ciliwung agar mereka dapat segera mengungsi.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement