Jumat 28 Oct 2011 13:07 WIB

Pilgub Banten, Wahidin-Irna Kuasai Tangerang

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Chairul Akhmad
Calon Gubernur Banten, Wahidin Halim yang diusung partai Demokrat yang berpasangan dengan Irna Narulita.
Foto: Antara/Ridwan E
Calon Gubernur Banten, Wahidin Halim yang diusung partai Demokrat yang berpasangan dengan Irna Narulita.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG – Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Banten Periode 2012 – 2017, Wahidin Halim dan Irna Narulita Dimyati dinyatakan menang di Kota Tangerang dalam Pemilu Kepala Daerah Provinsi Banten 2011.

Hasil tersebut terungkap saat rapat pleno di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang, Kamis (27/10).

Wahidin dan Irna jauh mengungguli lawan-lawannya, yaitu pasangan nomor urut satu, Ratu Atut Chosiyah dan Rano Karno serta pasangan nomor urut tiga, Jazuli Juwaini dan Makmun Muzakki.

Dari hasil rekapitulasi, suara pasangan Ratu Atut-Rano Karno memperoleh 160.290 suara, Wahidin Halim-Irna mendapat 513.345 suara, sedangkan pasangan Jazuli-Makmun mendapat 31.568 suara. Jumlah total suara tidak sah sebanyak 13.911.

Rapat pleno tersebut dihadiri seluruh Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) dari 13 kecamatan dan juga saksi dari masing-masing pasangan calon. Rapat berlangsung di halaman kantor KPU dengan tertib. "Kami bersyukur pelaksanaan Pemilukada di Kota Tangerang berjalan dengan lancar," kata Ketua KPU Kota Tangerang, Syafril Elain, saat ditemui di lokasi, Kamis (27/10).

Menurut Syafril, tingkat partisipasi Kota Tangerang merupakan yang tertinggi di Tangerang Raya, yaitu sebanyak 65 persen. Tangerang Raya meliputi Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Tangerang Selatan. Sedangkan angka pemilih yang memilih tidak menggunakan hak suaranya (golput) sebanyak 35 persen.

Menanggapi hal tersebut, Syafril mengatakan sebagian besar pemilih di Kota Tangerang bekerja di Jakarta saat Pemilukada berlangsung 22 Oktober lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement