Jumat 01 Jul 2011 14:31 WIB

Hari Pertama Pendaftaran Siswa Online Bekasi Sepi

REPUBLIKA.CO.ID,BEKASI--Penerimaan Peserta Didik Baru melalui jalur online di Kota Bekasi, Jawa Barat, pada hari pertama, Jumat, masih relatif sepi. "Sepertinya hal ini dipengaruhi keputusan Dinas Pendidikan Kota Bekasi untuk tahun ajaran 2011/2012 ini yang hanya membolehkan pendaftar memilih satu sekolah negeri," kata Ketua Panitia PPDB SMAN 2 Kota Bekasi, Marudi, di Bekasi.

Menurut dia, animo pendaftar di hari pertama berkurang drastis jika dibandingkan dengan pembukaan pendaftaran PPDB online yang sama pada tahun lalu. "Pada pendaftaran perdana tahun lalu bisa sampai 500 pendaftar, kali ini baru sekitar 200 pendaftar. Saya prediksi, lonjakan baru akan terlihat menjelang akhir pendaftaran karena orang tua mungkin akan memantau pergerakan nilai terlebih dahulu," katanya.

Dikatakan Marudi, pemberlakuan satu pilihan sekolah negeri mmnyebabkan orang tua menjadi lebih berhati-hati karena tak menginginkan anaknya gagal diterima dan langsung masuk ke sekolah swasta. "Selain itu, dengan pemberlakuan satu pilihan pun peminat SMAN 2 Kota Bekasi dan juga sekolah negeri lainnya otomatis akan berkurang," katanya.

Hingga penutupan PPDB online tahun lalu, kata dia, SMAN 2 Kota Bekasi mencatat sekitar 2.000 pendaftar. Sebab, calon siswa menjadikan sekolah tersebut sebagai cadangan kedua. "Namun kini, satu pendaftar hanya boleh menentukan pilihan pada satu sekolah negeri," katanya.

Menurut dia, para pendaftar online di SMAN 2 Kota Bekasi akan memperebutkan 277 bangku yang tersedia. Masing-masing 20 kursi diperebutkan pendaftar dari luar Kota Bekasi dan yang memanfaatkan jalur bina prestasi. Sementara, 79 bangku sisanya diperuntukkan bagi pendaftar melalui jalur bina lingkungan. "Pendaftar melalui jalur bina prestasi kami seleksi melalui serangkaian tes potensi. Sementara seleksi pendaftar jalur bina lingkungan dilakukan Dinas Pendidikan. Seluruh data sudah diserahkan ke dinas," kata Marudi.

"Hasil seleksi dari seluruh jalur yang tersedia diumumkan serentak pada 11 Juli 2011. Pendaftaran online dibuka hingga 6 Juli 2011. Hasil sementara dapat dipantau melalui website www.bekasi.siap-ppdb.com," demikian Marudi.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement