Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

Laporta: Raphinha Ingin Gabung Barcelona

Ahad 03 Jul 2022 22:32 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Agung Sasongko

Rapinha (tengah) setelah mencetak gol kelima Leeds United ke gawang West Brom.

Rapinha (tengah) setelah mencetak gol kelima Leeds United ke gawang West Brom.

Foto: EPA-EFE/Tim Keeton
Raphinha muncul sebagai salah satu pemain incaran Barcelona.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Presiden Barcelona, Joan Laporta, mengungkapkan, manajemen Blaugrana tengah melakukan negosiasi dengan Leeds United terkait kemungkinan perekrutan Raphinha. Laporta pun mengeluarkan klaim soal keinginan winger asal Brasil itu memperkuat Blaugrana pada musim depan.

Raphinha muncul sebagai salah satu pemain incaran Blaugrana pada jendela transfer musim panas kali ini. Kebuntuan proses negosiasi perpanjangan kontrak Ousmane Dembele semakin membuat Blaugrana terus berusaha mendatangkan winger kanan berusia 25 tahun tersebut.

Baca Juga

Raphinha digadang-gadang bakal menjadi pilihan utama pelatih Xavi Hernandez untuk mengisi posisi sayap kanan di skema serangan Blaugrana. Laporta pun mengakui soal upaya manajemen Blaugrana untuk mendatangkan mantan winger Rennes tersebut dengan melayangkan penawaran kepada Leeds United, selaku klub pemilik Raphinha.

''Kami tengah berbicara dengan Leeds United. Saya kira, pernyataan ini tidak akan menyinggung mereka (Leeds United), karena kami juga telah berbicara secara personal dengan Raphinha,'' ujar Laporta seperti dikutip Sports, Ahad (3/7/2022).

Kendati begitu, Laporta mengungkapkan, Barcelona bukanlah satu-satunya klub yang berminat memboyong Raphinha. Meski tidak menyebut nama klub secara spesifik, Laporta menyebut, klub-klub lain juga telah melayangkan tawaran kepada The Whites untuk memboyong Raphinha.

Sebelumnya, Chelsea disebut-sebut telah menyiapkan dana transfer sebesar 60 juta poundsterling untuk membujuk Leeds United melepas Raphinha. Dengan gelontoran dana dari pemilik anyar, Todd Boehly, The Blues cukup percaya diri bisa mengungguli Barcelona dalam upaya mendatangkan mantan winger Sporting Lisbon itu tersebut.

Terlebih, Barcelona masih belum sepenuhnya pulih dari krisis keuangan yang menimpa klub asal Katalan itu sejak pertengahan tahun lalu. Namun, Laporta menegaskan, Barcelona memiliki keunggulan tersendiri dalam perburuan tanda tangan Raphinha. Menurutnya, Raphinha sudah mengungkapkan keinginan untuk memperkuat Blaugrana.

''Ada beberapa klub yang sudah melayangkan tawaran untuk bisa merekrut Raphinha. Namun, kami tahu, Raphinha hanya ingin datang ke Barcelona,'' tutur Laporta.

Deco, yang merupakan agen dari Raphinha, memiliki kedekatan tersendiri bersama Blaugrana. Saat masih berkiprah sebagai pesepkbola profesional, Deco menuai nama besar kala berseragam Barcelona, tepatnya pada 2004 hingga 2008.

Saat itu, Deco mampu mengantarkan Blaugrana merengkuh dua titel La Liga dan satu trofi Liga Champions. Kondisi ini dinilai dapat memuluskan langkah Raphinha ke Stadion Camp Nou pada musim depan.

Namun, Barcelona masih menghadapi jalan terjal untuk bisa mendapatkan Raphinha. Blaugrana harus benar-benar bisa membujuk The Whites, termasuk denga menyiapkan dana transfer yang cukup besar, untuk melepas Raphinha. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA