Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Hari ini, Sebanyak 7.539 Peserta Seleksi Mandiri IPB  Ikuti Ujian Secara Online

Ahad 03 Jul 2022 21:13 WIB

Red: Irwan Kelana

Gedung Rektorat IPB University.

Gedung Rektorat IPB University.

Foto: Dok IPB University
Pengumuman peserta yang lolos seleksi tanggal 11 Juli 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Hari ini, Ahad,  3 Juli 2022, sebanyak 7.539 peserta mengikuti Seleksi Mandiri IPB (SM-IPB).  SM-IPB merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa program sarjana secara mandiri yang mulai diselenggarakan sejak tahun 2019. “Dulunya SM-IPB Bernama Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTMBK), “ ujar Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB University, Prof Drajat Martianto dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Ahad (3/7/2022).

Tahun ini, SM-IPB dilaksanakan dengan menggunakan dua metode seleksi. Yaitu berdasar hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SM-IPB dan berdasar hasil skor UTBK LTMPT.

Dr Utami Dyah Syafitri, asisten Direktur Penerimaan dan Registrasi Mahasiswa Baru, IPB University mengatakan, “Peserta bisa memilih salah satunya, apakah menggunakan skor UTBK LTMPT atau mengikuti UTBK IPB University yang dilaksanakan secara online dari tempat tinggal masing-masing. Atau bisa mendaftar keduanya.”  Jika peserta mendaftar keduanya, lanjutnya, maka seleksi akan dilakukan berdasarkan nilai terbaik yang diperoleh.

Dijelaskannya bahwa  pada 30 Juni-2 Juli 2022 telah digelar pra ujian. “Hal ini dimaksudkan agar peserta sudah familiar saat mengerjakan soal pada hari ini. Selain untuk memastikan sistem yang dipakai dan jaringan internet baik para peserta maupun IPB University lancar,“  jelasnya.

Sebagai informasi, SM-IPB jalur ujian tulis hari ini dapat diikuti oleh peserta lulusan SMA/MA/SMK (IPA) tahun 2020, 2021 atau 2022.  Sementara untuk peserta jalur skor UTBK LTMPT yang bersangkutan harus memiliki skor UTBK Saintek tahun 2022.

Peserta harus memilih 1 atau 2 program studi (prodi) yang ditawarkan. Peserta diperbolehkan  memilih pilihan ketiga yaitu pilihan IPB University. Apabila peserta tidak diterima di prodi pilihan 1 dan pilihan 2 maka pilihan ketiganya diproses dengan ketentuan yang bersangkutan bersedia dipilihkan prodinya oleh IPB University selama nilainya memenuhi persyaratan dan kuota masih tersedia. “Bagi peserta SM-IPB kelas internasional wajib mengikuti tes dalam bahasa Inggris. Di samping itu bagi peserta yang mengambil kedokteran hewan, terdapat tes pengetahuan mengenai kedokteran hewan,” tambahnya.

Ia menandaskan, “Pengumuman peserta yang lolos seleksi baik yang menggunakan skor UTBK LTMPT maupun yang mengikuti ujian tulis SM IPB akan dilakukan pada tanggal 11 Juli 2022. Peserta yang lolos seleksi dipersilakan melakukan registrasi online pada periode yang ditentukan, serta membayar biaya pendidikan yang ditetapkan. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA