Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Djarot: Warisan Karya Arsitek Bung Karno tak Hanya Bangunan Fisik

Ahad 03 Jul 2022 13:23 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Andi Nur Aminah

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) bidang ideologi dan kaderisasi Djarot Saiful Hidayat

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) bidang ideologi dan kaderisasi Djarot Saiful Hidayat

Foto: istimewa
Sejumlah karya Bung Karno yang tidak lekang waktu antara lain Patung Selamat Datang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- DPP PDIP menggelar diskusi publik bertajuk 'Bung Karno: Arsitek Kemerdekaan Bangsa-Bangsa', Ahad (3/7). Ketua DPP PDIP bidang Ideologi dan Kaderisasi, Djarot Saiful Hidayat, menilai warisan karya Presiden Pertama RI Soekarno abadi.

"Landmark peninggalan Bung Karno itu adalah landmark Jakarta dan semuanya sampai sekarang itu sebagai suatu warisan yang tiada kunjung habisnya," kata Djarot di Kantor DPP PDIP Jakarta, Ahad (3/7/2022). 

Baca Juga

Djarot memaparkan sejumlah karya Bung Karno yang tidak lekang waktu antara lain Patung Selamat Datang, Gelora Bung Karno, Masjid Istiqlal, Monumen Nasional, dan Gedung DPR/MPR. Tidak hanya di Jakarta, sejumlah peninggalan Bung Karno di sejumlah daerah lain. "Jembatan Ampera itu (karya) Bung Karno. Bahkan saya pernah ke Maluku Tengah ada satu ibu kotanya ada namanya Masohi orang sana mengatakan itu Masohi adalah dari Bung Karno," ujarnya.

Selain arsitek fisik, Djarot mengatakan, Soekarno juga merupakan arsitek kemerdekaan bagi bangsa-bangsa dunia. Ketika itu, Soekarno menggalang kekuatan negara-negara baru dunia untuk melawan neokolonialisme dan neo imperialisme.

"Untuk itu maka anak-anak muda harus mau bahwa kita punya pemimpin yang besar yang disegani yang mampu memerdekakan bangsa-bangsa Asia Afrika di sana," ucapnya. 

Acara didahului sambutan Ketua DPR RI Puan Maharani. Sejumlah pembicara hadir dalam acara tersebut, yaitu Dosen Universitas Pancasila Yuke Ardhiari, dan Ketua DPP PDIP bidang Keagamaan Kepercayaan Kepada Tuhan YME, Hamka Haq. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA