Wednesday, 19 Muharram 1444 / 17 August 2022

Babak Pertama, Timnas Indonesia Bermain Imbang 0-0 Vs Vietnam

Sabtu 02 Jul 2022 21:38 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Nashih Nashrullah

Penyerang Timnas Indonesia U19 Ronaldo Kwateh melakukan sundulan ke arah gawang Vietnam dalam pertandingan Piala AFF U19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (2/7/2022).

Penyerang Timnas Indonesia U19 Ronaldo Kwateh melakukan sundulan ke arah gawang Vietnam dalam pertandingan Piala AFF U19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (2/7/2022).

Foto: Republika/Edwin Putranto
Timnas U-19 Indonesia dan Vietnam gagal manfaatkan peluang

REPUBLIKA.CO.ID, KOTA BEKASI – Timnas Indonesia U-19 melawan Vietnam pada laga perdana Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Sabtu (2/7/2022) malam WIB. Kedua tim gagal memaksimalkan peluang yang dimiliki. Babak pertama pun berakhir dengan skor kacamat. 

Vietnam memberikan inisiatif serangan di menit-menit awal pertandingan. Tapi Garuda Muda bisa mengatasinya dan melancarkan serangan balik. Indonesia mendapat peluang di menit ketiga melalui situasi tendangan sudut, tapi Ronaldo Kwateh berada dalam posisi offside. 

Baca Juga

Sepuluh menit pertama Marselino Ferdinan dkk beberapa kali mampu mendominasi penguasaan bola. Belum ada ancaman berarti ke gawang Cahya Supriadi. Sebaliknya, Garuda Muda beberapa kali berhasil menembus area pertahanan Vietnam, meskipun belum ada ancaman langsung ke gawang. 

Vietnam masih kesulitan menembus pertahanan Indonesia di 15 menit pertama. Peluang dimiliki Vietnam saat mendapat hadiah tendangan sudut di menit ke-17. Tapi Cahya dengan sigap berhasil meninju bola yang mengarah ke depan gawangnya. Lalu upaya selanjutnya dari luar kotak penalti masih jauh dari sasaran. 

Sementara itu, Ronaldo Kwateh yang menjadi ujung tombak serangan Timnas Indonesia U-19 beberapa kali terjebak dalam posisi offside saat Garuda Muda membangun serangan. 20 menit berlalu tanpa ancaman berarti ke gawang dari masing-masing kubu. 

Di menit ke-26 Indonesia mendapat peluang emas dari serangan yang dibangun dari sisi kanan. Namun, Arkhan Fikri yang menerima umpan di depan gawang gagal memaksimalkan peluang. Sejurus kemudian, Hokky Brilliant juga gagal menyambut umpan di mulut gawang dengan tandukannya. 

Vietnam akhirnya mendapat percobaan tembakan langsung ke gawang di menit ke-43. Nguyen Dinh Bac menerima operan dari tendangan sudut dan menggiringnya ke tengah sebelum melepaskan tembakan, beruntung bagi Indonesia bola masih meleset di atas mistar gawang.  

Sejurus kemudian, melakukan serangan balik tapi peluang emas gagal dimanfaatkan oleh Ronaldo tandukannya di depan gawang masih meleset di sisi kiri. Selanjutnya Vietnam yang melancarkan serangan.

Peluang emas dimiliki Veitnam, di sisi kiri gawang, beruntung Subhan Fajri melalukan penyelamatan penting dengan takelnya. 

Berikut adalah susunan pemain kedua tim:

Vietnam: Cao Van Binh (kiper); Trinh Hoang Canh, Dang Tuan Phong, Nguyen Anh Tu, Nguyen Bao Long; Khuat Van Khang, Nguyen Dinh Bac, Nguyen Duc Viet; Nguyen Quoc Viet, Nguyen Van Truong, Nguyen Hong Phuc. 

Cadangan: Ho Tung Han, Ha Chau Phi, Vu Van Son, Nguyen Van Tu, Nguyen Minh Trong, Le Van Quang, Nguyen Nhan Nghia, Thai Van Thao, Tran Quoc Dat, Dinh Thanh Dat, Nguyen Nhat Minh, Nguyen Gian Tan.

Pelatih: Dinh The Nam.

Indonesia: Cahyadi Supriadi (kiper); Ahmad Rusadi, Muhammad Ferarri, Kakang Rudianto; Marselino Ferdinan, Arkhan Fikri, Dimas Juliono Pamungkas, Subhan Fajri, Alfriyanto Nico Saputro; Hokky Bintang Brilliant, Ronaldo Kwateh. 

Cadangan: Erlangga Dwi Saputra, Yogi Hermawan, Kadek Arel Priyatna, Frezy Al Hufaifi, Mikael Alfredo Tata, Zanadin Fariz, Radzky Syahwal Ginting, Marcell Januar Putra, Razzaa Fachrezi Aziz, Edgard Amping, Ricky Pratama, Rabbani Tasnim Siddiq.  

Pelatih: Shin Tae-yong.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA