Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

HUT ke-76 Bhayangkara, Kelompok Milenial Apresiasi Capaian Polri

Sabtu 02 Jul 2022 19:29 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah

Kegiatan tabur bunga  tersebut dalam rangka memperingati HUT ke-76 Bhayangkara (ilustrasi).  Kelompok Milenial mendorong capaian Polri ke arah yang lebih baik lagi

Kegiatan tabur bunga tersebut dalam rangka memperingati HUT ke-76 Bhayangkara (ilustrasi). Kelompok Milenial mendorong capaian Polri ke arah yang lebih baik lagi

Foto: ANTARA FOTO/Didik Suhartono/hp.
Kelompok Milenial mendorong capaian Polri ke arah yang lebih baik lagi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Jumat 1 Juli 2022 merupakan Hari Peringatan yang ke-76 Bhayangkara juga hari ulang tahun Polisi Republik Indonesia. 

Di hari ulang tahun (HUT) Korps Bhayangkara, Koordinator Penggerak Milenial Indonesia (PMI), M Adhiya Muzaki mengapresiasi capaian Polri.  

Baca Juga

Adhiya mengatakan, Korps Bhayangkara telah banyak memberikan kontribusi terhadap bangsa dan negara. Menurut dia, Polri memiliki peranan penting dalam ketertiban dan keamanan masyarakat Indonesia.  

Di bawah kepemimpinan Kapolri Listyo Sigit Prabowo, lanjut dia, Polri telah mengambil peran penting selama pandemi Covid-19.

Polri, kata dia, telah banyak memberikan berbagai bantuan yang diberikan kepada masyarakat, seperti pelaksanaan vaksinasi gratis, pembagian sembako, dan pelayanan keamanan yang humanis. 

"Hari Jadi ke-76 Bhayangkara ini, pelayanan polri terhadap masyarakat terus men9ingkat. Dilihat dari kinerja saat pandemi kemarin, segala bentuk bantuan dikeluarkan oleh polri," ujar Adhiya dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Sabtu (2/7/2022). 

Di bawah kepemimpinan Kapolri Listyo Sigit Prabowo, menurut Adhiya, Polri juga mampu mengatasi berbagai persoalan di masyarakat dengan cara mengedepankan restorarive justice. Cara tersebut dinilai Adhiya mampu menurunkan 19,3 persen angka kasus di Indonesia. 

"Di bawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mampu menyelesaikan banyak kasus, dengan caranya yang mengedepankan restorative justisce," ucap dia. 

Di sisi lain, masih kata Adhiya, dari laporan yang diperoleh dari Kapolri, sepanjang 2021 ada 27 anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) ditangkap. Sedangkan 26 anggota KKB lainnya menyerahkan diri kepada aparat.  

"Terjadi juga penurunan laporan kejahatan sebesar 53.360 perkara sepanjang  2021. Sementara itu jumlah kasus yang telah dituntaskan oleh Polri mengalami peningkatan. Penyelesaian (perkara) terjadi peningkatan sebesar 6,1 persen," kata Adhiya. 

Selain itu, lanjut Adhiya, cara Kapolri mengedepankan pencegahan kasus terorisme dengan melakukan penangkapan sebelum pelaku beraksi jika telah cukup bukti, atau preventive strike. Pencegahan dikedepankan agar tak muncul korban dari aksi teror.  

Adhiya menilai, banyak hal yang telah dilakukan Polri selama kepemimpinan Kapolri Listyo Sigit Prabowo. Dia berharap Polri semakin mendapat tempat dan dicintai masyarakat.  

"Pendekatan humanis yang diterapkan Polri telah mendapat tempat dan semakin dicintai masyarakat. Jayalah Polri, Selamat HUT ke-76 Bhayangkara, Semoga semakin dekat dengan masyarakat dan dicintai oleh rakyat," jelas dia.  

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA