Monday, 17 Muharram 1444 / 15 August 2022

AP II Dukung Digitalisasi Mitra UMKM

Sabtu 02 Jul 2022 13:41 WIB

Red: Friska Yolandha

Sejumlah calon penumpang berjalan menuju pintu keberangkatan domestik di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Selasa (8/3/2022). Angkasa Pura II (AP II) mendorong digitalisasi mitra UMKM yang ada di bandara kelolaannya.

Sejumlah calon penumpang berjalan menuju pintu keberangkatan domestik di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Selasa (8/3/2022). Angkasa Pura II (AP II) mendorong digitalisasi mitra UMKM yang ada di bandara kelolaannya.

Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Untuk mendukug UMKM go digital, AP II menggandeng Olsera.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Angkasa Pura II (AP II) mendorong digitalisasi mitra UMKM yang ada di bandara kelolaannya. Untuk itu, perseroan menggandeng Olsera, penyedia aplikasi dan sistem point of sale bagi UMKM.

Sejak mulai kembali beroperasi, bandara mulai sibuk melayani keberangkatan dan kedatangan jutaan penumpang. Tidak hanya itu, outlet yang ada di bandara pun mulai ramai pembeli.

Baca Juga

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengungkapkan, sepanjang Januari-Maret 2022, jumlah pergerakan penumpang pesawat di 20 bandara Angkasa Pura II secara kumulatif mencapai 11,71 juta penumpang. Jumlqh ini naik signifikan 65 persen dibandingkan dengan Januari-Maret 2021 yang hanya sebanyak 7,07 juta penumpang. 

Dalam rangka transformasi dan digitalisasi puluhan bandara itu, AP II bekerja sama dengan Olsera untuk menyediakan layanan aplikasi dan point of sales (POS) berbasis cloud bagi ribuan outlet mitra bisnis UMKM AP II. Lewat Cloud Based System pemilik outlet tidak perlu repot lagi karena mengelola dan memantau bisnis sudah dapat dilakukan dari jarak jauh. 

AP II juga dimudahkan dengan sistem POS yang secara otomatis terintegrasi untuk pelaporan secara realtime dan konsolidasi transaksi outlet di dalam bandara.

“Kerja sama ini adalah bukti komitmen bersama antara AP II dan Olsera untuk mengakselerasi kemajuan bisnis UMKM, khususnya di masa pemulihan paska pandemi ini. Dengan sistem layanan dari Olsera yang terintegrasi dengan AP II, para pengusaha di bandara dan karyawannya akan sangat dimudahkan dalam proses input dan output data transaksi, sehingga bisnis menjadi semakin akurat dan efisien, “ terang Chintya Head of Business Partnership dari Olsera, dalam keterangan yang diterima Sabtu (2/7/2022).

Olsera sebagai penyedia layanan aplikasi kasir, bertekad membantu UMKM mencapai potensi maksimal dengan menggunakan fitur-fitur profesional. Adapun fitur-fitur yang tersedia adalah manajemen inventori, supply stok, pemasaran atau marketing, manajemen karyawan, pencatatan transaksi, pembukuan, pembayaran, hingga permodalan. 

Banyaknya keunggulan fitur yang dimiliki Olsera membuat Integrasi ini tentunya menjadi berita bagus untuk para mitra AP II. Selain membawakan kemudahan operasional dari fitur yang Olsera tawarkan, juga dapat meningkatkan akurasi laporan. Dengan demikian, para mitra akan memiliki banyak waktu untuk fokus ke strategi pemasaran yang tepat demi usaha yang lebih maju. 

“Para mitra kini dapat menikmati kemudahan mengelola outlet serta mengakses laporan penjualan dari mana saja, kapan saja. Terlebih lagi, Olsera POS menyiapkan Olsera Office sebagai aplikasi pemilik (owner app) yang optimal di gadget Android dan iOS. Olsera membawakan kepraktisan, keamanan dan kenyamanan paling maksimal di kelasnya,” imbuh Aldo, Head of Marketing & Creative Olsera.

Adopsi sistem Olsera pada setiap outlet/mitra UMKM akan mengikuti target AP II untuk digitalisasi dan akurasi perekapan penjualan kolektif di berbagai bandara. Terutama, bandara sibuk seperti Bandara Internasional Soekarno Hatta, Bandara Internasional Kualanamu, dan Bandara Internasional Husein Sastranegara.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA