Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

Robot Ini Bisa Dilatih Menjadi Chef di Dapur

Jumat 01 Jul 2022 16:30 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Setyanavidita Livikacansera/ Red: Dwi Murdaningsih

Robot menggantikan manusia (ilustrasi).

Robot menggantikan manusia (ilustrasi).

Foto: ABC
Tak selamanya keberadaan robot berpotensi mengancam kehidupan manusia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah derasnya arus digitalisasi, percakapan tentang robot yang dibenami teknologi kecerdasan buatan (AI) selalu memiliki daya tarik tersendiri. Euforia perkem bangan robot yang diciptakan dengan berbagai tujuan, selalu diba yangi oleh kekhawatiran akan masa depan persaingan dengan manusia.

Hal ini juga yang mewarnai dinamika pengembangan teknologi robot di dunia kuliner. Dikutip dari Inverse, Rabu (18/5), seorang profesor di Departemen Teknik Cambridge, Inggris, Fumiya Iida, bersama timnya, tengah mengembangkan robot yang fungsi difokuskan pada berbagai pekerjaan dapur.

Baca Juga

 

Proyek yang digagas Iida ini, terasa makin menarik karena meski robot tak memiliki indera perasa. Namun, mereka ternyata bisa dikembangkan untuk mempersiapkan berbagai resep masakan.

Selain itu, mereka juga bisa membalik burger, merakit pizza, dan membuat sup. "Orang-orang sudah makan banyak makanan yang diproduksi mesin di mana-mana, tetapi masih sulit untuk bersaing dengan koki manusia yang baik," jelas Iida.

Iida dan tim pun berpikir untuk mengajari robot menilai rasa asin dan tekstur hidangan pada titik yang ber beda, dalam sebuah proses memasak. Langkah ini, menjadi bagian dari upaya untuk membangun robot yang dapat menyiapkan makanan secara komersial. Kemudian, bukan tak mungkin pula akan mengungguli juru masak andal di masa depan.

Kolaborator Iida, Grzegorz Sochacki, mengatakan  bahwa dia percaya bahwa koki robot dapat mulai menggantikan pekerja makanan cepat saji atau bekerja di dapur dalam dekade berikutnya. 

“Publikasi terbaru kami menunjukkan betapa rumitnya persepsi rasa manusia, dan koki robot kami masih jauh tertinggal,” kata Iida.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA