Jumat 01 Jul 2022 15:59 WIB

Sepenggal Kisah Rumah Keluarga Tjahjo Kumolo di Semarang

Tjahjo Kumolo terakhir pulang ke rumah masa kecilnya di Semarang sekitar sebulan lalu

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Tjahjo Kumolo terakhir kali pulang ke rumah masa kecilnya di Semarang sekitar sebulan lalu. Ilustrasi.
Foto: ANTARA/Reno Esnir
Tjahjo Kumolo terakhir kali pulang ke rumah masa kecilnya di Semarang sekitar sebulan lalu. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo yang tutup usai di Jakarta pada Jumat (1/7/2022) siang. Almarhum meninggalkan sebuah rumah keluarga di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Keponakan almarhum, Adrin Rahmatsyah, mengatakan politikus PDIP tersebut terakhir kali pulang ke rumah di Semarang sekitar sebulan lalu. "Sekitar sebulan lalu, kondisi masih sehat," katanya pada Jumat (1/7/2022).

Baca Juga

Rumah bercat merah di Jalan Citarum Utara Nomor 16 Kota Semarang itu dihuni dan dirawat oleh adik almarhum yang tinggal bersama keponakannya. Adrin menyebut almarhum beserta keluarganya sudah tidak lagi meninggali rumah ini.

Rumah tersebut sempat ditinggali almarhum sejak kecil hingga lulus kuliah. Menurut Adrin, rumah ini hanya digunakan untuk pertemuan keluarga atau rapat untuk keperluan pekerjaan. Ruang utama rumah almarhum Tjahjo Kumolo dipenuhi dengan berbagai foto kenangan semasa berkarir di politik maupun pejabat negara.

Adrin menyebut belum ada kegiatan rumah almarhum di Semarang berkaitan dengan kabar duka tersebut. "Belum ada, hanya tadi ada teman pakde yang tinggal di Semarang," katanya.

Menpan RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo Jakarta pada Jumat sekitar pukul 11.00 WIB. Jenazah almarhum rencananya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement