Wednesday, 2 Rabiul Awwal 1444 / 28 September 2022

RS Sari Asih Serang Gelar Donor Darah untuk Memberi Manfaat untuk Sesama

Jumat 01 Jul 2022 13:23 WIB

Red: Hiru Muhammad

Donor darah memiliki banyak manfaat bagi tubuh, selain menyehatkan, juga dapat menyelamatkan orang lain yang membutuhkan. Untuk itu, momen mendonorkan darah banyak diikuti oleh peserta yang ingin menyumbangkan darahnya untuk kebaikan diri sendiri juga orang lain.

Donor darah memiliki banyak manfaat bagi tubuh, selain menyehatkan, juga dapat menyelamatkan orang lain yang membutuhkan. Untuk itu, momen mendonorkan darah banyak diikuti oleh peserta yang ingin menyumbangkan darahnya untuk kebaikan diri sendiri juga orang lain.

Foto: s
Manfaat donor darah bisa mendeteksi penyakit serius yang dalam tubuh

REPUBLIKA.CO.ID,SERANG--Donor darah memiliki banyak manfaat bagi tubuh, selain menyehatkan, juga dapat menyelamatkan orang lain yang membutuhkan. Untuk itu, momen mendonorkan darah banyak diikuti oleh peserta yang ingin menyumbangkan darahnya untuk kebaikan diri sendiri juga orang lain.

Seperti diketahui manfaat donor darah bisa mendeteksi penyakit serius yang dalam tubuh seperti, HIV, hepatitis B, C hingga malaria. Selain itu. Donor darah rutin juga bisa meningkatkan produksi sel darah serta menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga

Beragam manfaat tersebut menjadi alasan RS Sari Asih Serang menggelar kegiatan Donor Darah saat memperingati Hari Donor Darah Sedunia, bekerjasama dengan PMI Kabupaten Serang, Rabu (29/06/22).

“Kegiatan ini terbuka untuk para karyawan dan umum. Peserta yang berminat untuk menjadi pendonor darah di data terlebih dahulu dan dilakukan pemeriksaan untuk memastikan kesehatannya dan kesiapannya melakukan donor darah,” ujar Ketua Panitia Donor Darah RS Sari Asih Serang, dr Laras Alditsa Surya Kusumaningrat. 

Meski bermanfaat, ternyata menurut dr Laras tidak semua peserta bisa mendonorkan darahnya. Ada beberapa ketentuan bagi calon pendonor agar bisa mengikuti kegiatan ini salah satunya tidak sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu dan tidak memiliki penyakit yang bisa tersebar melalui transmisi darah ini. “Diantaranya mengidap diabetes, mengidap kanker, tekanan darah rendah atau tinggi, mengidap penyakit menular atau pernah menjadi pecandu narkotika atau minuman keras,” sebut dr Laras Alditsa Surya Kusumaningrat.

Kegiatan donor darah ini dilakukan di Aula Serbaguna RS Sari Asih Serang dan disambut antusias oleh para karyawan dan kalangan umum. Bagi  pendonor darah yang sudah selesai mendonorkan darahnya diberikan bingkisan snack dan makanan bergizi untuk mengembalikan stamina pasca donor darah. “Kegiatan donor darah ini akan dilaksanakan secara rutin demi kemanfaatan nya kepada banyak orang,” tutur dr Laras Alditsa Surya Kusumaningrat.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA