Saturday, 15 Muharram 1444 / 13 August 2022

Virtual Job Fair Kota Tangerang Serap Lebih dari 9.000 Pekerja

Jumat 01 Jul 2022 05:48 WIB

Rep: Eva Rianti/ Red: Erik Purnama Putra

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin.

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin.

Foto: Dok Pemkot Tangerang
Disnaker Kota Tangerang mengajak masyarakat mengikuti bursa kerja virtual.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang menggelr rutin agenda virtual job fair atau bursa kerja virtual di wilayahnya. Agenda yang telah digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang sejak Mei 2020 tersebut diklaim mampu menyerap lebih 9.000 pekerja.

"Berdasarkan data di bulan Mei 2022, sebanyak 9.478 orang sudah diterima di berbagai tempat, setelah sebelumnya mengikuti job fair yang diselenggarakan oleh Pemkot Tangerang," kata Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin dalam keterangannya di Kota Tangerang, Provinsi Banten, Kamis (30/6/2022).

Baca: Anies Tutup Semua Outlet Holywings, Gus Nadir: Tambah Pengangguran

Sachrudin mengatakan, virtual job fair menjadi solusi yang digalakkan bersama antara Pemkot Tangerang dan sektor swasta serta masyarakat sebagai pencari kerja. Gelaran tersebut ditunjang inovasi teknologi terintegrasi melalui aplikasi Tangerang Live dan Tangerang Cakap Kerja. Bagi mereka yang ingin mengajukan lowongan bisa mengunduh aplikasi buatan Pemkot Tangerang tersebut.

"Masyarakat bukan hanya mudah mencari informasi lapangan kerja, tapi juga mengakses informasi layanan ketenagakerjaan lainnya, seperti pelatihan berbasis kewirausahaan dan juga layanan kartu kuning," terangnya.

Agenda virtual job fair terbaru di Kota Tangerang diadakan pada Kamis, dengan menyediakan 1.255 lowongan pekerjaan. Terdapat sebanyak 85 formasi jabatan dari 19 perusahaan yang terlibat. Kepala Disnaker Kota Tangerang Ujang Hendra Gunawan mengajak masyarakat yang ingin mencari kerja untuk terlibat di acara itu.

"Pada virtual job fair edisi Juni 2022 ini, kualifikasi pendidikan untuk S1 sebanyak  158 orang, Diploma 3 sebanyak 164 orang, SMA sederajat 923 orang dan SMP 10 orang," kata Ujang.

Dia berharap, gelaran acara tersebut dapat membantu masyarakat Kota Tangerang untuk mendapatkan pekerjaan. "Dengan ribuan lowongan yang dibuka setiap bulannya, diharapkan dapat diiringi dengan peningkatan kemampuan atau kompetensi masyarakat, sehingga dapat sesuai dengan kebutuhan yang dicari perusahaan," tutur Ujang.

Baca: Indonesia dan Ukraina Sepakat Kedua Negara Bisa Kunjungan Bebas Visa

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA