Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

Waketum Persis Apresiasi Pengukuhan KSAD Sebagai Duta Bapak Anak Stunting 

Kamis 30 Jun 2022 21:24 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengukuhkan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., menjadi Duta Bapak Asuh Anak Stunting di Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang digelar di Sleman, Yogyakarta, Rabu (29/06/2022).

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengukuhkan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., menjadi Duta Bapak Asuh Anak Stunting di Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang digelar di Sleman, Yogyakarta, Rabu (29/06/2022).

Foto: istimewa
Kasad TNI dikukuhkan sebagai Duta Bapak Anak Stunting untuk masifkan pencegahan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PP Persis), KH Jeje Zaenuddin, mengapresiasi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang mengukuhkan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman sebagai Duta Bapak Asuh Anak Stunting. 

“Saya kira suatu langkah yang positif dan patut diapresiasi sebagai keseriusan penanganan stunting,” ujar Kiai Jeje dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Kamis (30/6/2022). 

Baca Juga

Menunut Kiai Jeje, penunjukan Jenderal Dudung sebagai Duta Bapak Asuh Anak Stunting sangat tepat. Menurut dia, Jenderal Dudung perlu mengoptimalkan seluruh infrastruktur yang dia bawahi untuk mempercepat penanganan stanting ini secara tepat. 

“Ditunjuknya Pak Kasad sebagai Duta, saya kira relevansinya mungkin terkait perlunya figur yang memiliki leadership yang kuat dengan jejaring struktural yang mapan dan penguasaan medan,” ucap dia. 

Tingginya angka anak stunting harus diselesaikan secara bersama-sama. Sebab, lanjut Kiai Jeje, di zaman modern yang penuh kemakmuran ini masih ada anak bangsa yang hidup menderita karena ketidakmerataan ekonomi.

“Sehingga berdampak pada kekurangan asupan gizi bayi, kesalahan pola asuh, sanitasi buruk, dan pelayanan kesehatan yang tidak merata,” kata Kiai Jeje.

Kiai Jeje menambahkan, Jenderal Dudung juga memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk kembali menyolidkan kekuatan bangsa yang sedang dalam ancaman dan upaya upaya pecah belah dari pihak luar. Diharapkan, Jenderal Dudung menjadi pelopor pemersatu kekuatan umat dan bangsa, terutama mengompakkan kembali kekuatan TNI dengan kekuatan umat Islam yang setia NKRI.

“Jangan sampai muncul ada kesan bahwa TNI-Polri dijauhkan apalagi dibentur-dibenturkan dengan kepentingan umat, yang tentu akan merugikan dan membahayakan masa depan bangsa,” jelas dia.

Sebelumnya, BKKBN mengukuhkan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menjadi Duta Bapak Asuh Anak Stunting di Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang digelar di Sleman, Yogyakarta, Rabu (29/6/2022). Diangkatnya Dudung sekaligus untuk memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas).

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo mengaku pihaknya hari ini sengaja mengukuhkan Kasad menjadi duta bapak asuh anak stunting Indonesia."Kami ucapkan makasih Kasad bersedia menjadi duta bapak asuh anak stunting," katanya saat mengisi pengukuhan Kasad sebagai duta bapak asuh anak stunting Indonesia secara virtual, Rabu (29/6/2022).        

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA