Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

Bupati: Kesenian Tradisional Kolotik Perlu Dilestarikan

Kamis 30 Jun 2022 20:20 WIB

Rep: bayu adji p/ Red: Hiru Muhammad

Penampilan kesenian tradisional Kabupaten Ciamis yang dikolaborasikan dengan marching band di Gedung Kesenian Ciamis, Rabu (29/6/2022) malam.

Penampilan kesenian tradisional Kabupaten Ciamis yang dikolaborasikan dengan marching band di Gedung Kesenian Ciamis, Rabu (29/6/2022) malam.

Foto: humas Pemkab Ciamis
seni tradisional Ciamis dinilai sudah layak untuk go International.

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS -- Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ciamis menggelar penampilan kesenian tradisional dalam rangka hari jadi Kabupaten Ciamis di Gedung Kesenian Ciamis, Rabu (29/6/2022) malam. Dalam kegiatan itu, kesenian tradisional kolotik dan angklung dikolaborasikan dengan marching band.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, mengaku bangga dan sangat mengapresiasi seni tradisional Kabupaten Ciamis yang begitu luar biasa. Ia menyebutkan seni tradisional Ciamis sudah layak untuk go International. "Kita mempunyai potensi seni tradisional yang luar biasa, tidak kalah dengan negara-negara lain, dan sudah layak untuk go international," kata dia melalui siaran pers, Kamis (30/6/2022).

Baca Juga

Ia menyebutkan, salah satu alat musik kesenian khas Kabupaten Ciamis adalah kolotik. Menurut dia, alat musik itu sudah dipatenkan berasal dari Ciamis."Kolotik ini kita punya hak paten, mari kita nusantarakan alat musik ini agar semua orang dapat mengenalnya, sehingga akan lebih maju dan berkembang," kata dia.

Herdiat juga berharap ke depannya ada sekolah-sekolah yang berbasis budaya agar dapat melestarikan dan mengembangkan budaya khas Tatar Galuh Ciamis. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis disebut siap mendukung dan mendorong jika ada sekolah yang berbasis kebudayaan untuk mengenbangkan kesenian tradisional khas Ciamis.

Ia juga berterima kasih dan mengapresiasi para seniman dan budayawan Ciamis yang senantiasa konsisten melestarikan seni dan budaya-budaya tradisional. "Mudah-mudahan kita semua para budayawan, seniman dan seluruh masyarakat dapat bersama-sama memajukan budaya yang kita miliki," kata dia.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA