Kamis 30 Jun 2022 12:42 WIB

NASA Minta Sampel Debu dan Kecoa dari Misi Apollo Tahun 1969 Ditarik dari Lelang

Sampel dijadwalkan akan dijual dalam lelang pribadi yang berakhir pada 23 Juni.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Debu bulan diekstrak dari perut kecoa. Kecoa ini memakan debu dari misi Apollo 11. Spesimen ini kini akan dilelang.
Foto: space

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Badan Antariksa Amerika (NASA) meminta pengembalian sampel debu bulan dan kecoa dengan aman. Sampel debu bulan dan kecoa tersebut dijadwalkan akan dijual dalam lelang pribadi yang berakhir pada 23 Juni.

Awal bulan ini, NASA menghubungi RR Auction, sebuah rumah lelang yang berbasis di Boston, untuk menghentikan penjualan debu bulan yang dikumpulkan oleh para astronaut selama misi Apollo 11 1969.

Tak lama setelah debu bulan dibawa kembali ke Bumi pada tahun 1969, NASA mengirim beberapa sampel ke peneliti University of Minnesota (UM), yang bereksperimen dengan memberi makan debu bulan ke kecoa. Eksperimen ini untuk menentukan apakah batu bulan mengandung patogen apa pun yang menimbulkan  ancaman bagi kehidupan terestrial, The Washington Post melaporkan.

Dilansir dari Live Science, Kamis (30/6/2022) , dalam sebuah surat tertanggal 15 Juni, seorang pengacara NASA menyatakan bahwa sampel yang termasuk sebotol sekitar 0,0014 ons (40 miligram) debu dari bulan, sisa-sisa tiga kecoak, dan lusinan slide mikroskop masih milik  pemerintah federal.  Barang-barang beraneka ragam, yang diiklankan oleh rumah lelang sebagai "kelangkaan Apollo yang unik", diperkirakan akan menghasilkan 400.000 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 5,9 miliar yang mengesankan di pelelangan.

Surat itu mencatat bahwa "semua sampel Apollo, sebagaimana diatur dalam koleksi barang ini, milik NASA dan tidak ada orang, universitas, atau entitas lain yang pernah diberi izin untuk menyimpannya setelah analisis, penghancuran, atau penggunaan lain untuk tujuan apa pun, terutama  untuk dijual atau dipajang sendiri."

NASA lebih lanjut meminta agar RR Auction segera berhenti menerima tawaran untuk lot dan "tidak lagi memfasilitasi penjualan setiap dan semua item yang berisi Apollo 11 Lunar Soil Experiment ."

Botol debu bulan di tempat lelang hanyalah sebagian kecil dari yang dikumpulkan astronot Neil Armstrong dan Buzz Aldrin selama pendaratan di bulan. Misi itu mengumpulkan sekitar 21,3 kilogram batu bulan.  Dari jumlah itu, sekitar 4,5 pon (2 kg) diberikan kepada para ilmuwan UM di Lunar Receiving Laboratory universitas, di mana para peneliti menganalisis bagaimana paparan debu memengaruhi serangga, kehidupan air, dan mikroba, menurut daftar lelang.

"Beberapa hewan diinokulasi dengan debu, beberapa menerima bagian yang dicampur dengan makanan atau air mereka, dan yang lain berjalan atau merangkak melalui debu yang tersebar di bagian bawah wadah mereka," menurut sebuah artikel yang diterbitkan pada tahun 1970 di jurnal Minnesota Science.

Sebuah kliping koran tertanggal 6 Oktober 1969 menguraikan karya ahli entomologi University of Minnesota Marion Brooks, yang mempelajari debu bulan dengan memberikannya kepada  kecoak sebagai makanan mereka. Menurut sebuah artikel yang diterbitkan 6 Oktober 1969, di Minneapolis Tribune (sekarang Star Tribune) dan direproduksi dalam daftar lelang online, Brooks memberi makan kecoak dengan "makanan setengah-setengah [mengandung] makanan biasa yang dicampur dengan  jumlah tanah bulan abu-abu arang."

Artikel Minnesota Science melaporkan bahwa tidak ada hewan dalam eksperimen yang "menderita bahaya dari debu bulan." Namun, alih-alih mengembalikan sampel ke NASA setelah penelitiannya selesai, Brooks memajangnya di rumahnya, dan putrinya menjualnya beberapa tahun setelah kematian ibunya pada 2007.

RR Auction melakukan penjualan saat ini atas nama pengirim anonim, menurut The Washington Post.

Mark Zaid, seorang pengacara untuk rumah lelang, mengatakan kepada The Washington Post bahwa RR Auction bekerja sama dengan NASA terkait permintaan agensi tersebut.