Friday, 21 Muharram 1444 / 19 August 2022

Ayah dan Ibu Belum Dapat Vaksin Booster, Satgas: Jangan Pergi Berlibur

Rabu 29 Jun 2022 21:03 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Wisatawan tiba di dermaga Pulau Pahawang, Pesawaran, Lampung, Rabu (29/6/2022). Satgas Covid-19 menyerukan agar orang dewasa yang belum divaksinasi booster tidak bepergian.

Wisatawan tiba di dermaga Pulau Pahawang, Pesawaran, Lampung, Rabu (29/6/2022). Satgas Covid-19 menyerukan agar orang dewasa yang belum divaksinasi booster tidak bepergian.

Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/wsj.
Orang tua direkomendasikan tidak bepergian jika belum divaksinasi booster.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Pemberdayaan Masyarakat Bidang Dukungan Darurat Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Retno Asti Werdhani meminta para orang tua untuk tidak pergi berlibur bersama keluarga jika mereka belum mendapatkan vaksin dosis penguat (booster). Apa alasannya?

"Tolong jangan bepergian kalau orang dewasanya belum booster," ujar Asti dalam webinar Liburan Sehat, Anak Aman Covid-19 di Jakarta, Rabu (29/6/2022).

Baca Juga

Asti mengingatkan bahwa dunia saat ini, termasuk Indonesia, belum sepenuhnya bebas dari Covid-19. Oleh karena itu, masyarakat harus tetap waspada.

"Lengah sedikit kita kalah lagi. Sebagai orang dewasa atau sebagai pendamping anak, khususnya yang memiliki balita, kita harus dalam kondisi yang fit," ucapnya.

Asti menjelaskan, kasus Covid-19 di dalam negeri, terutama di wilayah DKI Jakarta cenderung bergerak naik. Orang tua atau sebagai pendamping anak harus dapat memastikan kondisi dirinya dan lingkungannya tetap sehat agar tidak memengaruhi anak.

"Seorang anak itu kalau mengalami sakit memang asalnya dari lingkungan luar, yang sumbernya biasanya dari orang tua atau lingkungan sekitar yang tidak sehat," tuturnya.

Menurut Asti, anak-anak dapat terinfeksi Covid-19 ataupun penyakit menular lainnya karena faktor lingkungan luar. Oleh karena itu, kuncinya adalah menciptakan lingkungan sehat dan ramah anak sekaligus mencegah klaster keluarga.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA