Rabu 29 Jun 2022 17:55 WIB

NATO akan Nyatakan Rusia Sebagai Ancaman Keamanan

NATO akan menyatakan Rusia sebagai ancaman keamanan bagi aliansi tersebut.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
NATO akan menyatakan Rusia sebagai ancaman keamanan
Foto: AP/Olivier Matthys
NATO akan menyatakan Rusia sebagai ancaman keamanan

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID – Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO) menggelar konferensi tingkat tinggi di Madrid, Spanyol, Rabu (29/6/2022). Dalam pertemuan itu, NATO akan menyatakan Rusia sebagai ancaman keamanan bagi aliansi tersebut.

“Kami akan menyatakan dengan jelas bahwa Rusia merupakan ancaman langsung terhadap keamanan kami,” kata Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menjelang penyelenggaraan konferensi.

Baca Juga

Dia mengungkapkan, pertemuan di Madrid akan menjadi bersejarah dan transformatif bagi NATO. “Kami bertemu di tengah krisis keamanan paling serius yang kami hadapi sejak Perang Dunia II,” ujarnya mengacu pada langkah Rusia menyerang Ukraina.

NATO akan meluncurkan perubahan terbesar dari kemampuan pertahanan dan pencegahannya sejak berakhirnya Perang Dingin, yakni dengan memperkuat pasukan di sisi timurnya. Jumlah pasukan di sisi timur bakal ditingkatkan dengan kesiapan tinggi.

NATO, untuk pertama kalinya, juga akan mengalihkan perhatiannya pada tantangan yang ditimbulkan oleh meningkatnya kekuatan China. Menurut Stoltenberg, Beijing bukan musuh.

“Tapi tentu saja, kami perlu mempertimbangkan konsekuensi terhadap keamanan kami ketika kami melihat China berinvestasi besar-besaran dalam kemampuan militer modern baru, rudal jarak jauh atau senjata nuklir dan juga mencoba mengendalikan infrastruktur penting, misalnya, 5G,” ujarnya.

Sebagai tanda perubahan tersebut, para pemimpin mitra Korea Selatan dan Jepang akan menghadiri pertemuan puncak NATO untuk pertama kalinya.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement