Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Google Mulai Luncurkan Tampilan Baru untuk Gmail

Rabu 29 Jun 2022 12:41 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih

Tampilan terbaru Gmail.

Tampilan terbaru Gmail.

Foto: tangkapan layar google
UI baru mengumpulkan tombol untuk Mail, meet, Spaces, dan Chat ke dalam satu daftar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google mulai meluncurkan antarmuka pengguna baru Gmail. Pembaruan ini mendekatkan Meet, Chat, dan Spaces serta menerapkan lebih banyak efek gaya Material You. Mulai Selasa (28/6/2022), tampilan ini menjadi opt-out alih-alih opt-in. Jadi akun Anda akan segera beralih ke tampilan baru secara default.

Dilansir dari The Verge, Rabu (29/6/2022), ini bukanlah perubahan besar. UI yang diperbarui mengumpulkan tombol untuk Mail, meet, Spaces, dan Chat ke dalam satu daftar di bagian atas rel kiri alih-alih menampilkan beberapa percakapan dari masing-masing dalam daftar.

Baca Juga

Mereka masih dapat diakses dengan mudah tanpa memiliki semuanya di layar sekaligus dan Anda dapat dengan cepat beralih ke percakapan di satu bagian mana pun karena daftar akan muncul saat Anda mengarahkan mouse ke ikonnya.

Jika Anda hanya ingin memiliki satu bentuk komunikasi tertentu di layar tanpa yang lain (seperti Gmail), itu sedikit lebih mudah untuk melakukannya karena Chat dan yang lainnya tidak lagi tercantum di bawah kotak masuk dan label Anda.

Menurut Google, Anda dapat memilih aplikasi mana yang disertakan di menu Quick Settings. Anda juga dapat beralih kembali ke tampilan lama jika Anda mau. Tidak seperti peluncuran 15 hari biasa untuk fitur-fitur baru, Google mengatakan kali ini adalah “peluncuran yang diperpanjang”. Artinya, pembaruan ini bisa memakan waktu lebih lama dari beberapa pekan untuk antarmuka Anda berubah dengan sendirinya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA