Friday, 21 Muharram 1444 / 19 August 2022

Pemkot Payakumbuh Bidik Kerja Sama Kelola Sampah dengan Pihak Denmark

Rabu 29 Jun 2022 03:50 WIB

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi

Pengurus bank sampah mengolah sampah organik (ilustrasi).Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatra Barat, membidik kerja sama pengelolaan sampah dengan organisasi sumber daya alam (SDA) terbarukan dari Denmark, Danish Environmental Protection Agency (DEPA).

Pengurus bank sampah mengolah sampah organik (ilustrasi).Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatra Barat, membidik kerja sama pengelolaan sampah dengan organisasi sumber daya alam (SDA) terbarukan dari Denmark, Danish Environmental Protection Agency (DEPA).

Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Daerah dipersilahkan presentasi usulan kerja sama pengelolaan sampah dengan DEPA.

REPUBLIKA.CO.ID, PAYAKUMBUH -- Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatra Barat, membidik kerja sama pengelolaan sampah dengan organisasi sumber daya alam (SDA) terbarukan dari Denmark, Danish Environmental Protection Agency (DEPA).

Pelaksana Harian Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Payakumbuh Elzadaswarman di Payakumbuh, Selasa (28/6/2022), mengatakan, saat ini Wali Kota Payakumbuh Riza Felepi sedang mengikuti Pertemuan Tingkat Tinggi Delegasi Indonesia ke Denmark bersama pihak Direktorat Penanganan Sampah Ditjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 KLHK membahas proyek sampah organik. Acara ini diadakan oleh DEPA dan berlangsung 26 Juni hingga 2 Juli 2022.

Baca Juga

Tidak hanya Kota Payakumbuh, kegiatan tersebut juga diikuti oleh kepala daerah lain yakni Kota Bukittinggi, Kota Jambi, Kota Banda Aceh, Kota Sawahlunto, Kota Solok, Kabupaten Malang dan Kabupaten Sidoarjo. Ia mengatakan selama mengikuti rangkaian kegiatan tersebut kepala daerah yang hadir akan diajak berkeliling kota di Denmark dan sekitarnya melihat teknologi pengolahan sampah terutama teknologi pengolahan sampah organik.

"Pada kesempatan lain, masing-masing kepala daerah dipersilahkan untuk mempresentasikan usulan kerja sama dengan DEPA dalam rangka pengolahan sampah organik," kata dia.

Menurutnya, usulan kepala daerah yang diterima memungkinkan untuk dilanjutkan melalui kerja sama dengan DEPA dalam proyek sampah organik sehingga pengelolaan sampah organik di daerah tersebut akan didanai oleh DEPA. Hal ini merupakan kesempatan baik bagiPayakumbuh dan daerah lain.

"Usulan kerja sama Kota Payakumbuh akan dipresentasikan langsung oleh Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi selaku Wali Kota Payakumbuh," ungkapnya.

Sebelumnya, bahan paparan tersebut sudah dibahas dengan Direktorat Penanganan Sampah Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 KLHK di Hotel Best Western Cawang Jakarta pada 22 Juni 2022. "Dalam mengikuti highlevel trip to Denmark seminggu ini, Wali Kota Payakumbuh tidak hanya sendiri, namun juga didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, yaitu Rida Ananda dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh Devitra," ujarnya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA