Sunday, 16 Muharram 1444 / 14 August 2022

Jokowi Tiba di Polandia Sebelum Berangkat Menuju Ukraina

Rabu 29 Jun 2022 01:56 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Andri Saubani

Presiden Indonesia Joko Widodo menunggu Kanselir Jerman Olaf Scholz selama pertemuan di sela-sela KTT G7 di Castle Elmau di Kruen, dekat Garmisch-Partenkirchen, Jerman, pada Senin, 27 Juni 2022.

Presiden Indonesia Joko Widodo menunggu Kanselir Jerman Olaf Scholz selama pertemuan di sela-sela KTT G7 di Castle Elmau di Kruen, dekat Garmisch-Partenkirchen, Jerman, pada Senin, 27 Juni 2022.

Foto: AP/Markus Schreiber
Jokowi menggunakan jalur darat dengan kereta api menuju Ukraina dari Polandia.

REPUBLIKA.CO.ID, RZESZOW -- Seusai menghadiri rangkaian acara KTT G7 di Jerman, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Joko Widodo beserta delegasi tiba di Bandar Udara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia sekitar pukul 11.50 waktu setempat, Selasa (28/6). Dikutip dari siaran pers Istana, cuaca cerah menyambut kedatangan Presiden dan rombongan di Kota Rzeszow yang berjarak sekitar 80 kilometer dari perbatasan Ukraina.

Tampak di tangga pesawat, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana disambut Wakil Gubernur Provinsi Rzeszow, Rodoslaw Wiatr, Duta Besar RI untuk Polandia Anita Luhulima, dan Atase Pertahanan RI Kolonel Adi Triadi beserta istri.Dari Bandara, Presiden Jokowi dan rombongan kemudian akan menuju hotel tempat transit untuk selanjutnya akan menggunakan kereta api selama kurang lebih 12 jam untuk mencapai ibu kota Ukraina, Kiev pada malam hari.

Baca Juga

Dalam keterangannya di Munich, Senin (27/6/2022), Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, Presiden akan ke Ukraina melalui Polandia. Retno mengaku masih terus menjalin komunikasi intensif dengan berbagai pihak dalam rangka kunjungan Presiden ke Ukraina dan Rusia.

"Presiden akan meneruskan perjalanan ke Ukraina melalui Polandia. Saya juga melakukan komunikasi intensif dengan berbagai pihak dalam rangka kunjungan Bapak Presiden ke Ukraina dan ke Rusia. Tentunya komunikasi ini terus kita lakukan dengan Ukraina dan Rusia sendiri," ucap Retno.

Pengaturan agenda kunjungan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi beserta rombongan terbatas ke Ukraina sudah dipersiapkan sangat matang, namun pengaturan tersebut bersifat fleksibel menyesuaikan setiap dinamika kondisi di lapangan.

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA